Aceh  

Geuchik Gampong Alue Pineung Peusejuk Betor Pengangkut Sampah

Geuchik Supriaman beserta Imam Gampong Tgk Abdul Muthalib sedang menepung tawari Betor Sampah. Senin 19 Juni 2023

LaNGSA | Gampong Alue Pineung, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa melakukan pesijuk atau tepung tawar becak bermotor (betor) pengangkut sampah yang baru saja diterimanya dari bantuan Pemko Langsa.

Peusejuk, dipimpin oleh Imam Gampong Tgk Abdul Muthalib berlangsung di halaman Kantor Geuchik setempat, Senin 19 Juni 2023.

“Peusijuk Betor Sampah tersebut, dihadiri Geuchik Alue Pieneung Supriaman dan semua perangkat pemerintahan gampong, Nantinya betor itu akan digunakan untuk pengangkut sampah sesuai dengan program Wali Kota Langsa, sebelumnya,” ujar Geuchik Alue Pineung, Supriaman.

Dijelaskan, dengan adanya fasilitas betor, sampah yang baru ini, terhadap masyarakat, maka nanti seterusnya dari pihak Pemerintah Gampong tidak dipungut biaya dalam pengambilan sampah yang dikumpulkan warga di depan rumah. 

“Mengingat Betor Sampah yang ada sebelumnya sudah tidak layak lagi untuk digunakan mengangkut sampah, betornya sudah rusak dan ini Alhamdulillah dengan adanya Betor yang baru, semua sampah masyarakat Alue Pieneung kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), jika ditemukan mobil pengangkut sampah, kita langsung operkan ke truck pengangkut,” katanya. 

Dirinya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Langsa yang telah memberikan bantuan betor untuk kepentingan transportasi pengutipan sampah di Gampong, begitupun terhadap petugas pengangkut sampah selaku pekerja kebersihan telah kita berikan upah kerja setiap bulannya dari Gampong (Desa). 

Ia berharap, kedepan Pemerintah Kota Langsa agar dapat membantu pembuatan depot sampah di desanya supaya bisa dikelola tepat guna. 

“Semoga betor tersebut dapat dimamfaatkan semaksimal mungkin dan kepada operator agar dapat menjaga kepercayaan masyarakat di Gampong dalam mengelola sampah yang ada di tiga dusun di Gampong kita,” imbuhnya.

Reporter : Rusdi Hanafiah