Aceh  

GPM Jadi Solusi Masyarakat Penuhi Kebutuhan di Tengah Naiknya Harga Pangan

Masyarakat Kecamatan Gunung Meriah saat mengantri untuk pengambilan bahan pangan murah, di Aula Kantor Kecamatan, Rabu

SINGKIL | Masyarakat di Kecamatan Gunung Meriah kini terus bergantung dengan gerakan pangan murah (GPM) untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat di Aceh Singkil.

Di tengah himpitan ekonomi dampak kenaikan harga bahan pangan yang mulai melanda, sehingga masyarakat berharap, agar GPM yang dilaksanakan Dinas Pangan Kabupaten Aceh Singkil bisa terus berlanjut hingga Desember mendatang.

“Sudah selama 5 bulan ini masyarakat bergantung kepada sembako yang dijual GPM. Sebab selain harganya yang jauh lebih murah, barang yang dijual juga kualitas premium,” ucap Iwan salah satu masyarakat Kecamatan Gunung Meriah kepada Orbit, Minggu (12/5/2024) kemarin.

Dengan harga sembako yang relatif lebih murah hanya Rp.215 ribu, seperti gula, tepung terigu, minyak goreng kemasan, telur ayam serta beras, masyarakat menjadi lebih mudah dan murah dalam menjalankan produk rumahan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Masyarakat berharap agar bahan pangan yang dijual jangan sampai diborong kepada pedagang-pedagang besar. Dan pembeliannya tetap dibatasi dengan jatah 1 kupon perkeluarga, harap Iwan.

Kepala Dinas Pangan Abdul Haris SP MM didampingi Kabid Distribusi Cadangan Pangan Achyaruddin ST mengatakan, GPM Fiskal tahap 4 kembali dilaksanakan di Kecamatan Gunung Meriah, Rabu yang lalu.

Sebanyak 500 paket dengan 5 jenis bahan pangan murah itu habis ludes terjual diserbu masyarakat yang terus menunggu kehadiran di Kecamatan Gunung Meriah.

Masyarakat pun terus bertanya-tanya kepada petugas kapan jadwal GPM kembali dibuka. Karena selain harganya yang murah barang yang dijual juga berkualitas premium, ucap Haris.

Sebanyak 500 paket dengan 5 jenis bahan pangan murah itu habis ludes terjual diserbu masyarakat

Untuk saat ini program GPM ini menjadi idola masyarakat di 11 kecamatan. Karena program pemerintah yang langsung menyentuh sasaran, ditengah himpitan ekonomi masyarakat dengan naiknya sejumlah harga pangan.

Alhamdulillah dengan program nasional GPM ini, disamping salah satu upaya dalam pengendalian inflasi, kita lakukan sekaligus untuk mencegah stunting di Aceh Singkil.
Pemkab Aceh Singkil (Pemkab) Aceh Singkil tetap berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Sebab barang-barang yang kita tawarkan berkelas premium dan higienis. Dan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Pj Bupati Drs Azmi, disamping kebutuhan pangan terpenuhi masyarakat juga harus sehat dan terhindar dari stunting, tambah Achyar.

Reporter : Helmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *