Hadiri Peluncuran Tahapan Pilkada Batubara, Ketua KI Sumut Imbau KIP Masuk Materi Debat Cabup dan Cawabup

MEDAN | Ketua Komisi Informasi Sumut Dr Abdul Harris SH MKn imbau KPU Batubara untuk memasukkan materi Keterbukaan Informasi Publik dalam debat kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pilkada Batubara yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Harris ketika menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri Peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Batubara Rabu (29/5/2024) di Conventionhall Singaporland Batubara . Harris juga menegaskan tidak hanya untuk KPU Batubara saja , kami menghimbau seluruh KPU Kabupaten/Kota dan KPU Sumut yang melaksanakan Pilkada agar memasukkan materi Keterbukaan Informasi Publik dalam debat kandidat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah agar masyarakat tahu bagaimana komitmen mereka dalam melaksanakan amanah UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Tata kelola keterbukaan informasi publik ini memerlukan komitmen kepala daerah untuk menerapkannya karena dengan adanya komitmen yang kuat dari kepala daerah dalam menerapkan keterbukaan informasi publik ini maka akan terwujud pemerintahan yang bersih ,transparan dan akuntabel. Oleh karenanya keterbukaan informasi publik ini sangat penting dimasukkan menjadi salah satu materi dalam debat kandidat calon kepala daerah nantinya,” kata Harris kembali yang ketika itu didampingi oleh Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Syafii Sitorus .

Harris juga mengungkapkan bahwa penerapaan UU Keterbukaan Informasi Publik ini adalah membuka selebar-lebarnya partisipasi masyarakat ikut dalam menentukan arah kebijakan kepala daerah dimana UU No 14 Tahun 2008 ini memberikan ruang bagi rakyat berpartisipasi dalam memberikan masukan untuk pembangunan di daerah masing-masing. ” Makanya komitmen kepala daerah dalam melaksanakan keterbukaan informasi ini harus diketahui masyarakat sehingga masyarakat bisa menilai mana calon kepada daerah yang komit dengan keterbukaan informasi dan mana yang tidak,” sebut Harris kembali.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Batubara Erwin dalam sambutannya menegaskan Peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Batubara merupakan momentum bahwa dimulainya tahapan Pilkada dengan harapan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang meningkat dibandingkan dengan partisipasi Pemilu 2024 yang mencapai 77 persen.” Dengan peluncuran tahapan Pilkada ini maka kami berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 27 November 2024 bisa lebih meningkat lagi,” kata Erwin kembali.

Hadir dalam peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Batubara itu Pj Bupati Batubara Nizhamul SE dan seluruh Forkopimda Kabupaten Batubara, para Ketua Ormas, Ketua OKP serta elemen masyarakat Batubara lainnya. rel