Ini Kadar Zakat Fitrah Aceh Singkil Yang Ditunaikan Dengan Beras Dan Uang

oleh -226 views
Kankemenag Aceh Singkil H Salihin Mizal.

ACEH SINGKIL – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Singkil, telah menetapkan besaran kadar zakat fitrah yang ditunaikan dengan beras dan uang.

Penetapan itu berdasarkan keputusan bersama hasil rapat musyawarah dengan Majelis Ulama (MPU) Aceh Singkil dan lembaga terkait lainnya.Kepala Kankemenag Aceh Singkil H Salihin Mizal, Minggu (17/5) mengatakan, kadar zakat fitrah berupa beras sebanyak 2,8 kilogram atau sebanyak 10 muk penuh tambah satu genggam beras bersih untuk kesempurnaan takaran.

Sedangkan zakat fitrah yang ditunaikan dengan uang, besarannya setara dengan beras 3,8 kg, dengan tiga pembagian, yang disesuaikan jenis beras yang dimakan sehari-hari.

Masing-masing yang konsumsi beras ramos atau sejenis 3,8 kg x Rp 13 ribu= Rp 49.400 per jiwa.

Lalu yang konsumsi beras gentong atau sejenis 3,8 kg x Rp 11.000 = Rp 41.800 per jiwa dan yang konsumsi beras bulog atau sejenis 3,8 kg x Rp 10.000= Rp 38.000 per jiwa.

Kemudian, kata Salihin ketentuan besaran zakat fitrah telah disampaikan ke kantor urusan agama (KUA) di seluruh kecamatan di Aceh Singkil.

“Harapan kami, kepala KUA Kecamatan se-Aceh Singkil sejak 1 Mei 2020 sudah bisa mensosialisasikan kepada umat muslim melalui aparatur gampong/panitia zakat fitrah di masing-masing gampong,” kata Salihin.

Salihin menargetkan zakat fitrah bisa lebih cepat ditunaikan. Sehingga pendistribusiannya kepada yang berhak utamanya fakir dan miskin segera dilakukan.

Reporter: Saleh