AcehHeadline

Ini Karya Para Santri yang Akan Menjadi Sarana Dakwah

Singkil-ORBIT: Puluhan santri Dayah di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti pelatihan menulis seni kaligrafi.

Melalui  keindahan seni tulisan kaligrafi tersebut diharapkan dapat menjadi sarana media dakwah dan sebagai syiar Islam.

Ketua panitia kegiatan Kabid Pendidikan dan Dayah Dinas Syariat Islam Aceh Singkil M Najur, kepada Orbitdigital, Minggu (14/4/2019) mengatakan, pembinaan seni kaligrafi santri dayah dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (13/4).

Selain untuk memperdalam seni tulisan kaligrafi, sekaligus mencari bibit para santri yang memiliki jiwa kecintaan seni tulisan Alquran tersebut.

Sehingga dapat ditanamkan oleh para santri dayah (pesantren), bahwa dengan kaligrafi memiliki nilai dakwah yang efektif dan menarik.Dalam kegiatan tersebut, para santri dibimbing oleh nara sumber dari Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh dan Dinas Syariat Islam Aceh Singkil.

Mulai dari pengenalan kaligrafi, kemudian praktik tata cara penulisan khat/kaligrafi, Seni kaligrafi khat naskhi dan materi panduan belajar kaligrafi arab dan seni pesona spritual. Kegiatan pembinaan kaligrafi diikuti 50 santri dari Dayah di Aceh Singkil yang sudah terakreditasi.

“Kegiatan tersebut akan dilaksanakan berkelanjutan untuk menarik minat para santri,” ucap Najur yang menyebutkan, akan mempromosikan hasil kaligrafi para santri pada HUT Aceh Singkil dan diikut sertakan perlombaan MTQ mendatang. (On-MS/AH)

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button