Aceh  

Kecamatan Setia Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

Camat Setia Raifin SPd SD memberikan sambutan di Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2025, Senin (4/3/2024)

ABDYA | Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) digelar pada Senin (4/3/2024) di Aula Kantor Camat Setia, berlangsung lancar.

Acara tersebut dibuka oleh Camat Kecamatan Setia, Raifin, yang mewakili PJ Bupati Abdya H. Darmansah SPd MM. Turut hadir Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Kepala Bappeda Firmansyah ST, SKPK diwakil para kabid, Polsubsektor, Danposmil diwakili Sertu Faisal Rizal, PD kec. Setia, Imum mukim, Kapus lhang Dokter Hessy Arfina, Pgrs Apdesi, Keuchik se-kecamatan Setia, serta undangan lainnya

Camat Setia Raifin SPd SD dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini bukan barang baru dan ini harus dilakukan rutinitas setiap tahun sesuai diatur dalam undang- undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Ini program nasional bukan hanya di Abdya, Setia saja tapi seluruh Indonesia secara nasional akan menyelenggarakan kegiatan ini, minimal bulan Februari maksimalnya di bulan Maret. Hal ini perlu disampaikan kadang ada juga mohon maaf dari aparatur desa yang belum paham dan sering mempertanyakan tujuan Musrenbang, sebut camat.

Karena sekian program yang diusulkan tidak satupun yang terealisasi di gampong, kata dia. Seharusnya perkataan begitu tidak boleh dilontarkan karena kita ini pemerintah dari pusat sampai ke desa kalau ada masyarakat yang berpandangan seperti itu, lumrah aja namun berikan pemahaman yang baik, tambah camat.

Seterusnya, tujuan musrenbang ini diselenggarakan yaitu menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.

“Maka Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang pertama Musrendes musyawarah yang diselenggarakan di gampong hasil programnya diusulkan ke tingkat kecamatan yaitu Musrembang jadi semua usulan prioritas dari gampong yang mengunakan dana desa. Di kecamatan dulu dibahas dan bersama -sama input oleh operator masing-masing desa, setelah itu usulan kegiatan dijadikan sebagai bahan pembahasan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten tahun 2025,” terang Camat Raifin.

Di akhir sambutannya Camat Raifin mengucapkan terima kasih kepada seluruh desa yang telah mensukseskan kegiatan Musrenbang di tingkat desa.

“Saya berharap usulan ini dapat menampung aspirasi masyarakat dan terakomodir untuk pembangunan Gampong di Kecamatan tahun 2025,” demikian pungkasnya.

Reporter : Nazli