Kesdam IM Akan Aktifkan Rumah Sakit Kontainer Galus, Sebagai RS Rujukan

oleh -87 views

GAYO LUES – Kesdam Iskandar Muda (IM) akan mengaktifkan kembali Rumah Sakit (RS) Kontainer Gayo Lues (Galus), yang bertepatan berada di Asrama Makodim 0113 setempat.

Bahkan, Rumah Sakit Kontainer yang dulunya melayani kesehatan masyarakat dan kini beralih fungsi menjadi mes prajurit, akan dijadikan Kesdam sebagai Rumah Sakit Rujukan, bagi Kodim-kodim yang ada di wilayah Tengah Aceh.

Kepala Kesdam Iskandar Muda, dr. Kolonel CKM Ismi, pada kunjungan kerja ke Kodim 0113 Gayo Lues, Kamis (5/9/2019), sangat menyayangkan bila Rumah Sakit Kontainer ini tidak diaktifkan lagi, karena fasilitas dan sarananya sangat memadai untuk dijadikan sebagai pusat pengobatan.

“Rumah Sakit Kontainer Gayo Lues, satu-satunya yang ada di Sumatera. Oleh sebab itu, kita akan minta kepada Pemerintah Daerah, untuk menjadikannya sebagai pusat kesehatan bagi anggota Kodim dan juga masyarakat sekitar. TNI berasal dari rakyat dan akan kembali ke rakyat,” sampainya.

Kepala Kesdam ini juga akan melapor ke atasan terkait hal tersebut. Dan juga meminta ijin ke Pemkab Gayo Lues, untuk menghibahkan Rumah Sakit Kontainer ini kepada Kesdam.

“Apakah nanti mau kita pakai bangunan yang lama atau dibangun kembali. Itu terserah kepada atasan. Terpenting, bagaimana fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan. Kan sayang jika dibiarkan teronggok begitu saja,” ujar dr, Ismi.

Selain itu, dr Ismi juga mengapresiasi keinginan Pemkab Gayo Lues untuk bekerjasama dengan Kesdam Iskandar Muda, dalam membuka sekolah Akademi Keperawatan (Akper).

“Nantinya, Kesdam IM akan membantu tenaga pengajar dan juga legalitasnya,” pungkas Kesdam.

Sementara, Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, mendukung keinginan Kesdam untuk memanfaatkan kembali Rumah Sakit Kontainer yang ada di Asrama Kodim 0113 Gayo Lues. “Kami siap membantu Kesdam, dalam mengaktifkan kembali Rumah Sakit Kontainer sebagai pusat rujukan, terutama bagi Kodim yang ada diwilayah Tengah Aceh serta masyarakat,” tutur Amru.

Dalam kunjungannya itu, Kepala Kesdam Iskandar Muda, juga menyempatkan diri mengunjungi RSUD Gayo Lues, untuk melihat Ruang Bedah Kontainer yang ada Rumah Sakit tersebut. Bahkan, dr. Ismi langsung disambut Direktur RSUD Gayo Lues, dr. Mutia Fitri, M.KM dan membawa Kepala Kesdam IM itu berkeliling melihat ruang rawat inap dan pelayanan kesehatan di RSUD terakreditasi Madya ini.

Reporter : Putra Ariga