Kompolnas Pantau Inovasi Kepolisian Perbatasan di Mapolsek Tasifeto Barat, NTT

Dari kiri ke kanan Kapolres Belu, AKBP Rickho D. Simanjuntak, Komisioner Kompolnas Mohammad Dawam, dan Komisioner Kompolnas Kompolnas Poengky Indarti di Tafiseto Barat, NTT. (Foto: Dok. Kompolnas).

ATAMBUA | Tim Kompolnas Awards 2024 yang dipimpin oleh Anggota Kompolnas Mohammad Dawam, S.H.I., dan Poengky Indarti, S.H., LL.M dengan didampingi Yousi Anggi Saragih, S.Sos dari Sekretariat Kompolnas dan Auditor Itwasda Polda NTT, Kombes Pol. Achmad Muzayin mengunjungi Polsek Tasifeto Barat, Kabupaten Belu dalam rangka visitasi di Mapolsek yang juga dihadiri para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Danramil, Forkopimcam dan LVRI pada Minggu, (7/7/2024).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan sekaligus ajang kontestasi inovasi positif berdampak yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat luas yang dilakukan oleh Anggota Polri diberbagai Satuan Kerja dan Satuan Kewilayahan diberbagai penugasannya.

Selaku unsur Dewan Juri, Mohammad Dawam menyampaikan pentingnya ajang Kompolnas Awards diselenggarakan rutin setiap tahunnya.

“Secara yuridis, Program Kompolnas Awards adalah bentuk pelaksaan teknis dari Fungsi Pengawasan Kompolnas yang dimandatkan oleh Perpres Nomor 17 tahun 2011 tentang Komisi Kepolisian Nasional. Pengawasan fungsional Kompolnas dilaksanakan dengan mekanisme pemantauan dan penilaian kepada Pejabat Polri dan anggotanya. Oleh karenanya Konpolnas Awards adalah bentuk penilaian Kompolnas terhadap satuan kewilayahan baik di Polsek, Polres, maupun Polda bahkan satuan kerja Mabes Polri. Adapun penilaian masyarakat terhadap integritas anggota juga telah dilaksanakan rutin dengan bentuk program Hoegeng Awards yang dilaksanakan oleh media Detik. Com,” paparnya.

Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim menjelaskan bahwa inonasi-inovasi Polsek dijalankan berawal dari rekomendasi program Kapolri Jum’at Curhat yang dilaksanakan di Polsek dengan mendengar aspirasi dan harapan warga setempat secara langsung.

“Program Inovasi kami terinspirasi oleh Program Jumat Curhat yang digagas Kapolri kemudian kami petakan masalah yang dihadapi masyarakat kemudian kami berusaha mencarikan solusinya dengan melaporkan kepada Kapolres Belu, AKBP Rickho D. Simanjuntak dan mengkoordinasikan kepada jajaran Pemerintah Daerah dan Pihak terkait lainnya. Muncullah Operasi Bhabin Pasar, Bhabin Jalan-Air-Listrik serta Bhabin Tomat. Bhabin Pasar telah berhasil mengurai kemacetan lalu lintas yang selama 20 (dua puluh tahun) tidak terurai, dengan cara merelokasi pedagang pasar dan pelaku UMKM Halilulik ke lahan Mapolsek,” katanya.

“Terurainya kemacetan ini sangat bermanfaat bagi akses jalan Ambulance yang menuju ke Puskesmas. Bhabin Jalan-Air-Listrik juga telah berhasil membantu masyarakat yang kesulitan sumber air dan listrik yang memang masih amat terbatas hingga saat ini. Sedangkan Bhabin Tomat telah bekerjasama dengan para purnawirawan LVRI dalam bidang budidaya tanam Tomat yang telah berhasil melaksanakan panen raya yang mampu membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, bahkan hasil panen tomat bisa diekspor ke Negara Timur Leste,” jelasnya.

“Air mata saya telah jatuh di Belu setelah saya menyaksikan langsung pengabdian Anggota dalam melayani masyarakat, khususnya di Tasifeto Barat. Sepanjang penugasan, hanya di Kabupaten Belu air mata saya jatuh. Itulah pengabdian tulus dan penerimaan masyarakat kepada Anggota Polri di wilayah ini,” ucap Kapolres Belu, AKBP Rickho D. Simanjuntak dalam sambutanya sambil terurai air mata haru.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengapresiasi jajaran anggota kepolisian, khususnya di Polsek Tasifeto Barat yang bertugas di Wilayah Perbatasan Negara Tetangga yakni Timor Leste dengan fasilitas yang amat terbatas namun tetap semangat dan dengan ketulusan hati dalam pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kompolnas mengapresiasi jajaran Anggota Polsek Tasifeto Barat yang telah mengabdi dengan ketulusan hati dan sikap meski dengan berbagai keterbatasam yang ada, baik sarana prasarana, SDM dan Anggarannya,” tuturnya.

Selanjutnya, pada hari berikutnya Tim Kompolnas melakukan Anev Polsek Meomaffo Timur yang mana pada tahun lalu mendapat anugerah Kompolnas Awards 2023, dan dilanjutkan Tim Kompolnas menerima paparan kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2024 di Polda NTT. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *