Masyarakat Peduli Olahraga Simalem, Tagih Janji Bupati Karo Bangun GOR

oleh -283 views

TANAH KARO| Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Karo, Robert Peranginangin SPd Msi pesimis pembangunan Gedung Olahraga (GOR) terealisasi pada tahun 2021 mendatang. Pasalnya, anggaran APBD 2021 masih dikonsentrasikan ke penanganan Covid-19 di daerah itu.

“Yang pasti kami sudah melakukan segala macam upaya dan komunikasi dengan semua pihak, khususnya Bappeda Kabupaten Karo agar pembangunan GOR yang sudah lama diimpikan insan masyarakat olahraga bisa terwujud di tahun 2021,” ujar Robert Peranganangin SPd Msi menjawab pertanyaan sejumlah wartawan di sela-sela rapat pembahasan APBD Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2021 di gedung DPRD Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Jumat (16/10/2020) sore.

“Namun kita juga realistis penanganan pandemi Covid-19 skala prioritas, namun jika anggaran APBD memadai kita masih sangat berharap rencana pembangunan Gedung Olahraga (GOR) bisa diwujudkan, mengingat rencana ini sudah beberapa tahun dibicarakan. “Apalagi prestasi atlit-atlit kita di level provinsi bahkan tingkat nasional cukup membanggakan dari beberapa cabang olahraga,” katanya.

“Menyiasati keterbatasan anggaran (APBD) bisa dibuat secara bertahap, nanti kekurangan yang ada bisa di anggarkan lagi di P-APBD 2021 atau di APBD 2022 lanjutannya, karena rencana pembangunan GOR ini demi masa depan olahraga kita yang memang selalu diperhitungkan di tingkat provinsi,” sebutnya.

Sementara anggota DPRD Karo, Firman Firdaus Sitepu SH setuju rencana pembangunan GOR di Kabupaten Karo. Guna meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini, pasti saya support dan akan secepatnya melakukan koordinasi dengan Bappeda maupun Dispora.

“Memang kita memiliki keterbatasan APBD, apalagi ditengah pandemi, konsentrasi masih penanganan Covid-19, namun disisi lain pembangunan GOR juga sangat penting demi peningkatan prestasi atlit-atlit kita,” katanya.

Terpisah, Kreator dan IT Komunitas Masyarakat Peduli Olahraga Simalem, J Kembaren (45), mengaku rencana pembangunan GOR di gedung serbaguna (Gedung Nasional) Jalan Pahlawan Kabanjahe patut didukung semua pihak, khususnya Tim Anggaran Pemkab Karo maupun Badan Anggaran DPRD Karo.

Dengan adanya sport centre diharapkan kegiatan olahraga prestasi yang dilakoni masyarakat terpusat di GOR karena sarana dan prasarana yang memadai sangat dibutuhkan menunjang prestasi.

“Rata-rata semua daerah di Sumatera Utara sudah memiliki GOR, apa kita tidak malu daerah ini tidak memiliki GOR, sementara prestasi atlit-atlit kita sangat membanggakan di level provinsi,” tandas Kembaren.

“Lagi pula sesuai janji Bupati Karo, saat pelantikan pengurus KONI Kabupaten Karo, mestinya ini menjadi skala prioritas sebagai sarana pembangunan generasi muda Karo yang lebih berkualitas,” harapnya.

Menurut pegiat olahraga ini, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi tahun 2018 menganugerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Karo sebagai Kabupaten Layak Pemuda, satu-satunya dari Pulau Sumatera. Dan hanya 20 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia yang meraih penghargaan itu di Balai Samudera-Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Nah, hal ini menjadi “PR” bagi Pemkab Karo untuk selayaknya membangun GOR di daerah ini, ujarnya sembari menambahkan, hari Selasa depan pihaknya akan mendatangi kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karo termasuk ke DPRD untuk membicarakan pembangunan GOR,” pungkasnya.


Reporter : Danie Manik