Karo  

May Day di Tengah Pandemi, DPC FSPTI KSPSI Karo Bagikan Masker Kepada Buruh

Wakil Ketua DPC FSPTI KSPSI Kabupaten Karo, Abel Ginting, bersama anggota Batalyon Infanteri 125/Simbisa saat membagikan masker kepada salah satu buruh di kota Kabanjahe, Kamis (1/5/2020). (Istimewa)

TANAHKARO – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia dan Kofenderasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI KSPSI ) Kabupaten Karo, membagikan ratusan masker kepada para buruh dalam peringatan “May Day” kali ini.

Ketua DPC FSPTI KSPSI Kabupaten Karo, Gembira Ginting, melalui Wakil Ketua Abel Ginting kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (1/5/2020) mengatakan, hingga saat ini ekonomi dan sosial para buruh/pekerja belum sejahtera.

Meski begitu, dia berharap para buruh tetap semangat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda.

“Selamat Hari Buruh kepada seluruh buruh di dunia. Harapan kita kedepannya, nasib buruh lebih diperhatikan, baik dari segi jaminan kesehatan, jaminan hari tua dan penyetarakan gaji buruh,” katanya.

Menurut Abel, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013, tentang Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) yang didasarkan pada kebutuhan hidup layak (KHL).

Pembagian masker dimulai dari Terminal Kabanjahe, yang dilanjutkan ke komplek Perumahan Karo Indah,  seputaran Tugu Bambu Runcing, Pusat Pasar Kabanjahe, dan terakhir di desa Singa, Kecamatan Tigapanah, dimana Abel Ginting juga menjabat sebagai kepala desa di sana.

“Hari ini bersama Anggota Batalyon Infanteri 125/Simbisa Karo, kita bagikan masker ke beberapa titik kota sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona. Sekaligus sebagai tanda penghargaan kepada para buruh, terkhusus pekerja di kabupaten ini,” ujarnya.

Didampingi Wakil Sekertaris FSPTI KSPSI Kabupaten Karo, Pelita Modal Ginting, Abel pun mengucapkan terima kasih kepada puluhan anggota Batalyon Infanteri 125/Simbisa, yang langsung turun ke lapangan untuk membagikan masker bersama pengurus FSPTI KSPSI Kabupaten Karo.

Sementara, salah satu anggota Yonif 125/SMB yang enggan disebutkan namanya juga mengucapkan selamat Hari Buruh kepada seluruh buruh yang ada di Kabupaten Karo. Dia berharap kiranya masker yang dibagikan bisa bermanfaat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan buruh di Tanah Karo.

“Kami sangat menghargai para buruh agar tetap semangat menopang perekonomian bangsa ini. Kiranya para buruh untuk kedepannya bisa lebih mendapatkan hak yang sepatutnya sebagai pekerja,” ucapnya.

Terpisah, salah seorang buruh penerima masker, Markus Tarigan (35) mengatakan, terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan masker di masa sulit seperti ini. Dia berharap, kiranya para pekerja lebih diperhatikan oleh pemerintah dan pemerintah bisa lebih memperluas lapangan kerja di Kabupaten Karo.

Reporter: David Kaka