Menpora Optimis PON XXl Sumut – Aceh Tidak akan Tertunda

Menpora RI Dito Ariotedjo bersama Pj Gubsu Hassanudin saat memberikan keterangan persiapan PON XXI Sumut- Aceh di Hotel Santika Jl. Kapten Maulana Lubis No.7, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Jumat (17/5/2024). Orbit digital/ wan

MEDAN | Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melakukan kunjungan kerja serta rapat koordinasi bersama stakeholder di Hotel Santika Jl. Kapten Maulana Lubis No. 7 Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Jumat (17/5/2024).

Dalam Kunjungannya Menpora Dito meninjau sejumlah venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Menpora Dito melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait tentang persiapan penyelenggaraan PON 2024.

Dalam rapat dihadiri PJ Gubsu Hassanudin, Ketua KONI Pusat Marciano Norman serta beberapa pejabat lainnya. Sumut yang menjadi tuan rumah akan menyelenggarakan pertandingan sebanyak 34 cabang olahraga dan 46 disiplin cabang olahraga serta 602 nomor pertandingan. 

Dalam rapat lanjutan pemerintah Sumateta utara sudah siap untuk melaksanakan PON ke Xll Aceh- Sumut 2024, tidak akan ditunda lagi.

“Kita baru saja melakukan rapat lanjutan terkait persiapan Sumut menjadi tuan rumah PON. Kita apresiasi pemerintah Provinsi Sumut dari segi persiapan secara mayoritas sudah matang, tinggal kita tunggu sampai september nanti,” sebut Menpora.

Untuk persiapan sudah matang dan kemaren kita sudah melihat kedepan, untuk SDM sudah sosialisasi kemungkinan dari tim bagian Kemenpora, KONI dan PON serta dinas olah raga terkait memastikan SDM lokal siap secara materi.

“Ini pertama kali dilaksanakannya PON di dua propinsi. Jadi memang ini perlu adaptasi tapi saya lihat hal ini baik dari Sumut maupun Aceh semakin rapi, baik dan kompak serta sesuai, jadi untuk penundaan saya rasa tidak akan terjadi,” jelasnya.

Dikatakan juga, untuk anggaran Alhamdulillah sudah dirapatkan konstribusi dan komitmen dari Provinsi Sumut mensupport dari APBN yang akan dirapatakan serta berkoordinasi bersama presiden.

Disinggung tentang stadion utama yang masih dalam pengerjaan, Menpora optimis bulan Juli akan selesai.

“Stadion utama Juli mudah-mudahan selesai, yang pasti hasil kita review semoga tidak ada kendala. Kita ajukan ke bapak presiden dalam rapat bersama Pemprov Sumut dan Aceh. Semoga tidak ada penundaan serta berjalan sukses secara administrasi, penyelenggaran dan juga prestasi,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin mengatakan sembilan daerah di Sumut yang terlibat sudah melakukan persiapan maksimal.

“Sembilan kabupaten kota semua berjalan lancar, anggaran sudah direncanakan, mana yang belum akan didukung seperti yang disampaikan pak Menteri tadi, mari kita sukseskan, apa yang kita bisa, mainkan!,” tegas Gubsu.

Reporter : Iwan GB