Moderasi Warnai Pengukuhan Alumni V Ponpes Saifullah An-Nahdliyah

Tradisi tahunan Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah. Sebanyak 74 santri putra dan putri lulusan tingkat Tsanawiyah dan Aliyah dikukuhkan

DELISERDANG | Pengukuhan alumni atau yang lebih dikenal sebagai wisuda santri, adalah tradisi tahunan di Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah. Pada tahun ini, sebanyak 74 santri putra dan putri lulusan tingkat Tsanawiyah dan Aliyah dikukuhkan pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Acara ini juga sekaligus menjadi syukuran memperingati 28 tahun berdirinya pondok pesantren tersebut.

Pengukuhan Alumni V tahun 2024 dihadiri oleh berbagai elemen ormas keagamaan dan pejabat pemerintahan. Di antaranya adalah Kakankemenag Deli Serdang, H. Fachrizal S. Hi. M. Si., yang didampingi oleh Kepala KUA Namorambe dan penyuluh agama setempat. Pengurus MUI Deli Serdang, Buya Drs. H. Basyaruddin Lubis, juga turut hadir didampingi oleh MUI Kecamatan Biru-Biru dan Namorambe. Turut mengapresiasi kegiatan ini adalah Pengurus PCNU Deli Serdang, Dr. H. Khairul Anwar MA.

Jajaran pemerintahan Desa Batu Gemuk juga hadir, termasuk staf dan Babinsa setempat. Perwakilan alumni Saifullah 18 tahun yang lalu, Agus Syahputra S. Hi., yang berniat maju sebagai Wali Kota Medan pada Pilkada 2024, juga turut memeriahkan acara ini.

Di antara wali alumni yang hadir adalah Dr. H. Husnel Anwar Matondang MA, yang menyampaikan rasa terima kasih atas digelarnya pengukuhan alumni ini. Ia menekankan pentingnya acara ini sebagai motivasi bagi para santri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Berbagai penampilan dipersembahkan oleh para santri, seperti Manortor dan Tari Persembahan etnis Karo, serta Nadzomat Matan al Jazary dan lagu-lagu nasionalis dan religius. Penampilan ini menunjukkan misi moderasi yang dibangun oleh para santri, sebagaimana ditegaskan oleh pimpinan pesantren, KH. Amir Panatagama S. Pd. I. Ia mengingatkan hadirin untuk tidak terkejut jika melihat perpaduan antara tampilan religius dan etnis dalam persembahan tersebut.

Salah satu acara sebelum pengukuhan adalah pemberian apresiasi kepada alumni berprestasi tahun 2024. Untuk tingkat Aliyah, penghargaan diberikan kepada:

  • Davina Putri Nikita binti Saka Merizal,
  • Nahda Ghaniyya Najla binti Deden HMS,
  • Syakilah Fudhla Matondang binti Husnel Anwar, MA.

Sedangkan untuk tingkat Tsanawiyah, penghargaan diberikan kepada:

  • Putri Anggraini Pinem binti Jalani Pinem,
  • Tiara Ramadhani binti Sugianto, MA,
  • Bardan Aufa bin Ari Handoko, MA.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai syukuran memperingati 28 tahun berdirinya Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah.

Reporter : Rio