Aceh  

Musrenbang RKPD 2025 Abdya Dibuka, Begini Penjelasan Pj Bupati Darmansah

Penjabat Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H.Darmansah membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2025.di Aula Dikila Bappeda kabupaten setempat Kamis, (4/4/2024)

ABDYA | Penjabat Bupati Aceh Barat Daya (Abdya )H.Darmansah SPd MM membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2025.

Kegiatan bertema “Pemanfaatan wilayah strategis melalui pengembangan potensi sumber daya alam, peningkatan Nilai tambah serta hilirisasi sektor unggulan daerah ini berlangsung di Aula Dikila Bappeda kabupaten setempat Kamis (4/4/2024).

Di kesempatan itu H.Darmansah menyampaikan beberapa catatan yang diingatkan bahwa dalam musrembang ini yang sudah dimulai dari tingkat gampong, kecamatan dan tingkat kabupaten untuk merangkum semua keinginan untuk membangun Aceh Barat Daya.

Namun ada satu hal, kata PJ Darmansah, yang perlu kita lihat bahwa antara uang masuk dan uang keluar itu harus seimbang.

“Maka kita menyusun semua program ini sebanyak-banyaknya ketika nanti dihadapkan dengan uang yang ada itu pasti akan terjadi defisit anggaran Alhamdulillah tahun lalu Abdya mampu mengendalikan diri,nah tahun ini ada ancaman defisik kalau kita melakukan kegiatan semuanya,” ujarnya

Darmansah menuturkan, bahwa proses penyusunan musrenbang ini berbeda dengan Bupati definitif karena ini merupakan rancangan kerja bersama itu yang diakhiri dengan tahun 2026 itu sudah ada bupati yang akan menyampaikan visi dan misinya.

“Siapa nanti Bupati terpilih itu ada visi misi mereka dan itu dilaksanakan di 2026 Bapak/ Ibu yang bertanya tadi sudah kita dengar bersama laporan daripada kepala Bappeda dan juga dari arahan ketua DPRK, kita menginginkan semuanya ini menjadi lebih baik dan tentunya kita harapkan program kita tidak meninggalkan hutang agar ke depan tidak terjadi beban kepada Bupati definitif,” sebutnya.

Rumit dan Kompleks

Sementara Ketua DPRK Nurdianto dalam sambutannya mengatakan, tema yang diusung dalam musrenbang RKPD kabupaten Abdya Tahun anggaran 2025 ini sangat rumit dan kompleks mudah-mudahan dengan maksud dan tujuan tersebut dapat dilaksanakan dan dicapai pada tahun anggaran 2025 yang akan datang sesuai dengan Permendagri sesuai dengan peraturan menteri dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017.

Selain itu, Ketua Nurdianto juga meminta kepada Pj Bupati Abdya tahun 2024 ini antara lain, Pertama berhati-hatilah dalam menyusun pergeseran anggaran program kegiatan yang berskala besar di mana postur anggaran kita sekarang ini tidak dalam keadaan baik-baik saja terlihat jelas pada defisit anggaran terbuka lebar.

Ini terjadi dikarenakan angka pendapatan daerah yang terus-menerus berkurang sehingga PAD yang direncanakan angkanya tidak nyata dan target besar PAD tidak tercapai untuk membiayai belanja daerah atau dalam pendapatan dan belanja kita tidak seimbang yang akan mengakibatkan gagal bayar belanja pembangunan yang telah dilaksanakan.

Yang kedua, kami meminta kepada saudara Pj Bupati agar tunjangan kinerja ASN Tahun anggaran 2024 dan gaji tenaga kontrak Pemda yang telah kami setujui.

“Jangan dipotong atau jangan dikurangi lagi hal ini penting kami menyampaikan bahwa dengan kondisi ekonomi sekarang ini penghasilan ASN setiap bulannya tidak dapat lagi menutupi biaya hidup keluarganya perbulan apalagi untuk mensejahterakan keluarganya,” pintanya.

Dia juga berharap agar tunjangan kinerja ASN bulan Januari sampai dengan Maret 2024 segera dibayarkan sehingga ASN dan keluarganya dapat berbahagia di bulan yang penuh berkah ini, pungkasnya.

Sebelumnya, kepala Bappeda Abdya Rahmat Sumedi SE dalam laporan menyebutkan, dalam rangka memenuhi semua ketentuan aturan perundangundangan tentang perencanaan pembangunan nasional dan daerah, khususnya undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, yang mengamanatkan bahwa setiap daerah wajib melaksanakan perencanaan pembangunan secara berjenjang untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat di daerahnya yang dituangkan dalam dokumen perencanaan.

Penyelenggaraan musrenbang kabupaten ini adalah merupakan tindak lanjut dari kegiatan musrenbang sebelumnya yaitu musrenbang gampong pada bulan januari 2024, musrenbang kecamatan pada bulan Februari 2024 dan forum perangkat daerah/Lintas Perangkat Daerah dilaksanakan tanggal 25 maret 2024.

Dijelaskannya, Musrenbang ini merupakan suatu instrumen penting untuk menghasilkan rencana kerja pemerintah daerah yang tidak lepas dari dokumen rencana pembangunan daerah kabupaten aceh barat daya tahun 2023 2026 dan RKPA provinsi Aceh, serta RKP pemerintah pusat. tutupnya.

Reporter : Nazli