Aceh  

Partai PAN Perdana Daftarkan Bacaleg ke KIP Aceh Selatan

Partai Amanat Nasional (PAN) yang pertama mendaftarkan calegnya ke KIP Aceh Selatan

ACEH SELATAN | Irfanusir selaku Ketua DPD PAN Aceh Selatan Jumat (12/5/2023) secara perdana daftarkan bacaleg ke Kantor KIP Aceh Selatan sekaligus penyerahan berkas.

Dokumen Bacaleg tersebut langsung diterima Ketua KIP Saipul, SE, bertempat di ruang Aula Kantor KIP Aceh Selatan.

“Dalam kesempatan tersebut Ketua DPD PAN Aceh Selatan Irfanusir di hadapan para awak media memaparkan sebelum melakukan pendaftaran para bacaleg dan seluruh anggota PAN ikut konvoi keliling Kota Tapaktuan dengan menumpangi becak dan kendaraan roda empat.

Menurut Irfanusir, keseluruhan peserta yang ikut pada kompoi dengan jumlah 120 yang terdiri dari Pengurus DPD, DPC, Ranting dan Bacaleg partai PAN serta simpatisan turut hadir ke Kantor KIP Aceh Selatan untuk mengantar berkas pendaftaran.

“Pada hari Jumat yang berkah ini tepatnya tanggal 12 Mei seluruh Partai mendaftarkan diri ke Kantor KIP yang ada di seluruh Indonesia sementara untuk Dapil Aceh Selatan 30 Bacaleg yang mengisi enam Dapil di 18 kecamatan di Aceh Selatan,” katanya.

Partai PAN ini dalam sejarah hari ini sebagai peserta Pemilu tahun 2024, mendapat nomor urut 12, seluruh partai PAN hari ini dengan serentak ikut mendaftarkan ke kantor KIP.

Sebelumnya Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan Saiful SE dalam kesempatan tersebut menjelang H min dua (H-2) penutupan pendaftaran Bacaleg pada Minggu (14/5/2023) hingga pukul 24.00 WIB, baru partai PAN yang menyerahkan pendaftaran Bacaleg sedangkan untuk pendaftaran dibuka sejak tanggal 1 Mei hingga 14 Mei pukul 00 itu merupakan batasan para partai yang mendaftar ke kantor KIP ini, bebernya.

Pada pagi Sabtu dan Minggu masih ada partai yang menyusul mendaftar bacalegnya, yang seharusnya hari ini ada dua partai yang mendaftarkan, namun satu partai dikensel,tetapi yang perdana hari ini hanya partai PAN, paparnya.

“Dan hari ini, secara perdana sambungnya baru partai PAN yang menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg.

Selanjutnya dokumen pendaftaran yang diserahkan segera diverifikasi untuk memenuhi ketentuan yang diamanahkan konstitusi KPU,” papar Saipul didampingi komisioner lainnya.

Penyerahan berkas daftar Bacaleg PAN ke Kantor KIP juga dihadiri dan disaksikan langsung Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Baiman Fadhli, SH dan komisioner Azhari, S.Pd.

Reporter : YUNARDI.M.IS