Pengajian di Masjid Raya Miftahul Iman, Ustad Rahmat Hidayat : Bid’ah

Ustad Rahmat Hidayat Lc di Masjid Raya Miftahul Iman Medan Denai

Medan | Belakangan pembahasan soal bid’ah di masyarakat kembali menghangat, padahal permasalah yang muncul soal sepele dan sepertinya tidak perlu untuk dipermasalahkan.

Pasalnya membahasa persoalan itu tidak akan ada habisnya, karena masing-masing memiliki alasan dan saling memegang teguh akan pe4ndapatnya tersebut. Dikhawatirkan justeru persoalan itu akan menambah ‘keretakan’ dan perpecahan sesama umat.

Hal tersebut disinggung dalam tausiah agama yang disampaikan Al Ustad Rahmat Hidayat Nasution Lc, dalam kajian Subuh di Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan Denai, Minggu (22/01/2023).

Pada pemaparannya, al Ustad menyebutkan jangan bicara masalah bid’ah jika ilmu yang dimiliki tentang itu belum cukup, karena dikhawartirkan akan menambah informasi yang sulit bagi masyarakat awam, apa lagi bagi kalangan tertentu yang bukan muslim.

Biasa saja persoalannya akan menjadi memecah belah dan dimnfaatkan oleh pihak tententu untuk melaga antar umat beragama, terutama Islam yang menjadi mayoritas di Tanah Air.

“Jika ilmu belum cukup, jangan membahas masalah bid’ah. Cukup para ulama yang memiliki ilmu dan bisa dijadikan panutan untuk membahasnya, sehingga bisa menambah wawasan ilmu bagi kita sebagai umat beragama,” kata Ustad Hidayat.

Sambutan Antusias

Pengajian Subuh di Masjid Raya Miftahul Iman tersebut dipandu oleh Iman Masjid Ustad Herwansyah SH mendapat sambutan dan perhatian antusias dari para jamaah, apalagi materi yang disampaikan juga menarik untuk menjadi perhatian agar tidak terjerumus dalam mengambil sikap dalam melaksanakan ibadah.

Menurut Ustad Rahmat Hidayat, bagi kita sebagai muslim yang penting bisa memahami mana yang baik dan buruk, mana harus dikerjakan dan apa saja yang dilarang Allah.

“Laksanakan saja kewajiban kita sebagi umat Islam, berdasarkan Alquran dan hadis serta mampu mencerna apa yang disampaikan oara ulama sesuai ilmu yang ada,” kata ustad.

Pada kesempatan tersebut Ustad juga mengingatkan bagi umat muslim untuk pandai-pandai membawa diri dalam hal melaksanakan perintah agama. Banyak belajar dan yang peling penting umat muslim itu harus berilmu dengan cara belajar.

Pengajian Subuh tersebut diakhiri dengan tanyajawab oleh para jemaah. Tampak hadir pada pengajian Ketua Badan Kemakmuran Masjid Raya Miftahul Iman H Samsuri, Sekretaris Kariadi Bakat SE dan para jamaah lainnya. Rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *