Perkuat Program Internasionalisasi, USU Ikuti Pameran Pendidikan APAIE di Australia

Rektor USU Prof Muryanto Amin, SSos, MSi bersama USU. (Foto/Ist)

MEDAN | Universitas Sumatera Utara (USU) mengikuti mengikuti pameran pendidikan internasional Asia Pacific Association for International Education (APAIE) di Perth, Asutralia yang digelar 4-8 Maret 2024. Kegiatan tersebut dalam rangka lebih mengenalkan USU di kancah pendidikan internasional.

Delegasi USU dalam pameran pendidikan tersebut langsung dipimpin Rektor Prof Muryanto Amin, SSos, MSi didampingi Wakil Rektor III Prof Dr apt Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, Msi, Apt., Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kerja Sama Global Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST MT, Direktur Direktorat Pengembangan Pendidikan Ikhsan Siregar, ST, MT dan Direktur Direktorat Digitalisasi dan Integrasi Sistem Dr Emerson Pascawira Sinulinggal, ST, MT.

Wakil Rektor III Prof Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, Msi, Apt., menjelaskan USU saat ini sedang berupaya menaikkan posisinya pada perangkingan, baik di Asia maupun dunia menuju posisi 500 besar dunia.

“Tentunya hal ini tidaklah mudah, perlu ada upaya bersama secara massif dan berkesinambungan dan tidak hanya dengan menambah jumlah mitra akan tetapi juga menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin,” katanya.

Karena itu, salah satu upaya yang dilakukan USU adalah dengan mengikuti event internasional seperti APAIE 2024 yang mewadahi matchmaking antaruniversitas, memfasilitasi pertemuan dengan universitas dari seluruh asia dan pasifik, sehingga USU lebih dikenal dan dapat berdiskusi untuk menindaklanjuti kerjasama-kerjasama akademik berupa students exchange, staf exchange, international research network, dan informasi tentang beasiswa.

Pada gelaran APAIE di Perth, Australia tersebut USU berupaya meningkatkan kolaborasi riset internasionalnya dengan memberikan co-funding serta mencoba mendapatkan lebih banyak mahasiswa untuk mengikuti program Summer Course di USU dan mendorong dosen untuk menjalin kerja sama penelitian internasional dan Sabbatical Leave Programs.

Pada kesempatan tersebut USU juga memperkenalkan empat program strategis yang dijalin bersama 21 universitas se-Indonesia yang tergabung dalam Nationwide University Network in Indonesia (NUNI). Konsorsium ini secara kolaboratif meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui empat program prioritasnya yakni Student Mobility, Faculty and Staf Mobility, Research and Innovation dan terakhir Global Reputation. (Red)