PWI Madina Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis, Ini Pemenangnya

Ketua lomba karya tulis Abdul Kholik saat menyerahkan nama-nama pemenang lomba kepada ketua PWI Madina Mhd Ridwan Lubis. (orbitdigitaldaily.com/Sulaiman Nasution)

MADINA | Panitia lomba karya tulis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) secara resmi mengumumkan pemenang lomba karya tulis dengan mengusung tema “Kemerdekaan diisi dengan pembangunan dan sub tema “Menilik peluang dan tantangan wirausaha berbasis ekonomi kreatif di Mandailing Natal”.

Lomba karya tulis dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini terbagi dalam dua kategori, yakni Kategori Pelajar meliputi SLTP sederajat, SLTA sederajat, mahasiswa, dan kategori Umum.

Untuk kategori pelajar, lomba karya tulis ini wajib menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan, kategori masyarakat umum sendiri diwajibkan menggunakan bahasa Mandailing.

Ketua panitia lomba karya tulis, PWI Madina, Abdul Holik Nasution, Rabu (16/08/2023) mengatakan, pelajar cukup antusias mengikuti lomba karya tulis ini. Karena setelah penutupan pengiriman karya tulis, masih banyak yang meminta pertambahan waktu.

Dijelaskannya, hingga hari terakhir batas penerimaan karya tercatat sebanyak 60 orang peserta yang mengirimkan karya tulisnya ke email yang disediakan oleh panitia.

“Karya tulis yang masuk ada 60. Namun, dari 60 karya tulis tersebut dua orang dinyatakan gagal akibat email yang dikirimkan kosong. Jadi, jumlah seluruh karya peserta yang masuk penjurian berjumlah 58 orang,

“Lomba karya tulis ini banyak peminat, hal ini dibuktikan masih banyak yang meminta perpanjangan waktu. Tetapi karena sudah kita putuskan semua tahapan, maka kita tutup sesuai jadwal,” kata Holik yang juga merupakan pewarta LKBN ANTARA biro Sumut itu.

Dari sebanyak 58 orang peserta tersebut kata dia, ada 13 orang peserta dari tingkatan SLTP sederajat. Sedangkan dari tingkatan SLTA sederajat 18 orang, mahasiswa 19 orang peserta dan masyarakat umum 8 orang.

Holik yang juga menjabat Wakil Ketua PWI Madina ini menerangkan, berdasarkan keputusan panitia lomba, dari masing-masing kategori diambil juara satu, dua, tiga hingga juara harapan satu.

“Para juara nanti akan kita berikan piagam penghargaan dan uang pembinaan pada kegiatan seminar ekonomi kreatif yang dilaksanakan di Aula Hotel Rindang Kelurahan Dalan Lidang pada Jum’at 18 Agustus 2023,” ungkapnya.

Disampaikannya, dalam penjuriannya panitia melibatkan lima orang juri dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan akademisi hingga praktisi seperti, Drs Askolani Nasution (Budayawan Mandailing), DR HM Daud Batubara Msi (Akademisi), Ibnu Arsib (Penulis buku), Ikbal Harun (Wikipedia Mandailing) dan Safaruddin Siregar (Praktisi).

Berikut nama-nama pemenang lomba karya tulis :

Tingkat SLTP Sederajat:

  • juara I: Putri Khairunnisa (MTsN 2 Madina)
  • juara 2: Meutia Aisyah (MTsN 2 Madina)
  • juara 3: Alifah Humairah Lubis (MTsN 2 Madina)
  • juara harapan: Nabilah Sakhi Lubis (MTsN 6 Madina)

Tingkat SLTA Sederajat:

  • juara I: Dafin M Nabil Nasution (MAN 1 Madina) – juara 2: Widya Putri Andini (SMK Kesehatan Namira)
  • juara 3: Rahmad Aidil Ali Lubis (MAN 1 Madina)
  • juara harapan: Ellya Silviani (SMKN 1 Sinunukan)

Tingkat mahasiswa:

  • juara I: Dedi Heriansyah Nst Univ. Teknologi Yogyakarta
  • juara 2: Ahmad Fadil Hasibuan (UINSU Medan)
  • juara 3: Halum Musthafa (UIN Padang)
  • juara harapan: Devi Rahmasari (STAIN Madina)

Kategori Umum:

  • juara I: Roy Samsuri Lubis
  • juara 2: Akhiruddin Matondang
  • juara 3: Mhd Andre Syahbana
  • juara harapan: Choirul Ihsan Daulay

Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan Lubis menyampaikan, terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut serta mengirimkan karya tulis dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia.

“Terima kasih kepada semua peserta yang telah mengungkapkan pemikiran, ide, dan gagasan melalui karya tulis pada lomba yang diselenggarakan PWI Madina. Bagi yang terpilih sebagai pemenang kiranya meningkatkan prestasinya dalam karya tulis ilmiah, dan peserta yang belum terpilih jadi pemenang kiranya tidak berkecil hati. Anda semua sudah ikut berkarya untuk memanfaatkan peluang ekonomi kreatif di Mandailing Natal,” ungkap Ridwan.

Reporter : Sulaiman Nasution