Medan  

Regional Meeting MHH PP Muhammadiyah se-Sumatera & Kalbar Digelar di UMSU

MEDAN || Majelis Hukum dan HAM (MHH) PP Muhammadiyah menggelar Regional Meeting se Sumatera dan Kalimantan Barat di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), 5 sampai dengan 6 Juli 2023. Kegian ini dihadiri langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr Busyro Muqoddas SH MHum.

Pada acara pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus Utama UMSU, Jalan Kapten Muktar Basri Medan, Rabu (5/7), tampak hadir Ketua MHH PP Muhammadiyah Dr. Trisno Raharjo SH MHum, Wakil Ketua I Dr. Maneger Nasution MH MA, sejumlah Dewan Pakar seperti Dr Bambang Widjojanto SH MSc, Feri Amsari SH MH LLM, Dr Septa Candara SH MH serta Ketua dan Sekretaris MHH PWM se Sumatera dan Kalimantan Barat.

Hadir juga, Ketua PWM Sumut, Ketua PWA Sumut, Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP, Wakil Rektor II Prof Dr Akrim MPd, WR III Dr Rudianto MSi, Diretur BanK Sumut Babay Parid Wazdi, jajaran dekanat selingkungan UMSU dan ratusan mahasiswa Fakultas Hukum UMSU.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr Faisal SH MHum menyampaikan, bahwa potret dunia hukum Indonesia akhir-akhir ini tampak suram, carut-marut dan remang-remang. Kesuraman bukan cuma terkait penegakan hukum, tapi proses legislasinya pun banyak disoroti karena disinyalir cacat moral, karena tidak mengakomodir ketentuan dalam aturan pembentukan perundang-undangan yang dibentuk oleh negara itu sendiri.

“Kita berharap forum ini bisa melakukan kajian yang mendalam dan dapat melahirkan pokok-pokok pikiran yang mencerahkan, sehingga nantinya bisa dirumuskan sebagai pernyataan sikap sekaligus rekomendasi sumbangsih Muhammadiyah untuk perbaikan dunia hukum kita sekarang ini,” kata Faisal.

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP dalam sambutan mengungkapkan rasa bangganya karena UMSU telah dipercaya sebagai tempat digelarnya Regional Meeting Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah se-Sumatera dan Kalimantan Barat.

“Ditunjuk sebagai tempat penyelenggaran Regional Meeting MHH Se- Sumatera dan Kalbar ini tentunya menjadi sebuah kehormatan dan kebanggan bagi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dan sudah menjadi komitmen bahwa UMSU akan senantiasa siap mendukung setiap kegiatan dalam rangka memajukan syiar persyarikatan Muhammadiyah,” tutur Agussani.

Kemudian, Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Dr Trisno Rahardjo SH MHum dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Regional MeetingĀ  Se-Sumatera ini merupakan agenda pertemuan pertama yang dijadwalkan oleh MHH PP Muhammadiyah.

Reporter ; Ripin