Resahkan Pengendara, Galian C Di Lau Baleng Jadi Sorotan

Sekitar galian C antara desa Durin Rugun dengan Lau Peranggunen membuat badan jalan berlumpur dan licin. ORBIT/David

Karo-ORBIT: Maraknya kegiatan Galian C yang beroperasi di jalan nasional jurusan Kabanjahe-Aceh di wilayah Kecamatan Laubaleng, Tanah Karo, menjadi sorotan sejumlah kalangan masyarakat.

Masalahnya, selain telah mengganggu arus lalulintas Kabanjahe-Aceh, Galian C tersebut beroperasi mengeruk tebing yang kemungkinan adalah tebing penyangga (buffer zone) yang berfungsi untuk menahan hutan agar tidak terjadi longsor. Selain daripada itu, Ijin Usaha Penambangan (IUP) Operasi Produksinya juga wajib menjadi pertanyaan.

Demikian disampaikan salah satu aktivis gerakan Tanah Karo Julianus Paulus Sembiring SPd kepada Orbit, Selasa (22/1) di Kabanjahe.

Menurut Julianus, dampak Galian C selalu bersifat merubah bentang alam. Perubahan bentang alam itu akan pasti mengganggu ekosistem sekitarnya. Justru itulah maka diperlukan pertimbangan teknis sebagai dasar dikeluarkannya IUP Operasi Produksi oleh pemerintah.

Julianus Paulus Sembiring Spd.

“Nah, kalau kemudian pertimbangan teknis itu tidak memberikan kelayakan untuk dikeluarkan IUP Operasi produksi, maka tidak dibenarkan dilakukan kegiatan Galian C dilokasi tersebut,” sebut Julianus.

Tambahnnya lagiĀ  selain tidak dibenarkan melakukan Galian C tanpa IUP Operasi Produksi, kegiatan Galian C juga tidak dapat dilakukan dalam kawasan hutan. Artinya, apabila kegiatan Galian C dilkukan dalam kawasan hutan, maka ada dua Undang Undang (UU) yang dilanggar oleh pelaku Galian C yaitu UU Kehutanan Nomor 41 Tahun 1999 dan UU Pertambangan Nomor 4 Tahun 2009.

Terpisah, Nhov Trakapta Putra Kaban (Dedok) selaku ketua Ikatan Mahasiswa Kecamatan Laubaleng (IMKL) yang juga aktivis Forum Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Karo (Forgammka) mengecam keras kegiatan tersebut. Dia juga sangat menyayangkan pihak kepolisian yang terkesan melakukanĀ  pembiaran, mengingat kegiatan tersebut berada dipinggir jalan nasional dan telah mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Od-Vid