Karo  

Reses Anggota DPRD Karo di Dapil 4, BPBD Karo di “Warning”

TANAH KARO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo periode 2019-2024 asal Daerah Pemilihan (Dapil) Karo 4, melakukan Reses Masa Persidangan I di Jambur Arih Ersada desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran, Karo, Kamis (30/01/2020).

Seluruh wakil rakyat asal Dapil Karo 4 seperti Imanuel Sembiring ST, Peri Edisonta Milala, Eko Afrianta Sitepu, Leny Puri Chlepes dan Inolia Ginting, hadir dalam reses perdana ini.

Dapil Karo 4 sendiri meliputi Kecamatan Namanteran, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Payung, Tiganderket dan Kecamatan Munte, memiliki 5 perwakilan di DPRD Kabupaten Karo.

Dalam reses tersebut, terungkap tentang permasalahan-permasalahan yang hampir sama dihadapi oleh 14 Desa sekecamatan Namanteran. Yaitu menyangkut permasalahan infrastruktur jalan dan saluran drainase, serta tembok penahan.

Pengadaan air bersih atau pipanisasi, bantuan bibit kopi, kentang, bantuan seng untuk rumah warga yang rusak dipapar abu vulkanik gunung Sinabung. Sertifikat hak milik rumah dan lahan warga relokasi di Siosar juga timbul dalam sesi dialog dengan masyarakat .

Hal ini diutarakan oleh Kepala Desa Kutarakyat Sadar Ginting, Kepala Desa Sukandebi Japet Sembiring, serta Kepala Desa Sukatepu Edison Ginting, dihadapan para anggota Dewan serta OPD Pemkab Karo yang ikut hadir.

“Kami minta kepada anggota Dewan sebagai wakil kami agar segera menindaklanjuti aspirasi kami tersebut, agar secepatnya dapat di realisadikan Pemkab Karo,” ujar para Kepala Desa.

Salah satu anggota DPRD Karo Imanuel Sembiring, yang dikonfirmasi orbitdigitaldaily. com disela-sela acara reses berlangsung menyatakan, menaruh perhatian lebih pada masalah beban masyarakat yang terdampak erupsi Sinabung.

Karena hal ini dikhawatirkan menganggu mobilitas masyrakat, hingga menimbulkan stress dan memicu masalah baru semisal masalah pendidikan.

“Dalam reses ini, kami juga ingin menginventarisir permasalahan yang belum dan sudah pernah dilakukan oleh anggota dewan terdahulu,” sebut Imanuel Sembiring.

Turut hadir mendampingi reses anggota DPRD Karo kali ini, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). jajaran Pemkab. Camat Namanteran beserta jajaran, para Kepala Desa dan perangkatnya, BPD, serta masyarakat desa Sukatepu dan sekitarnya.

Ketidakhadiran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo pada reses kali ini, sangat disesalkan para anggota Dewan. Menurut mereka, hal ini akan menjadi catatan dan akan dipertanyakan secara kelembagaan.

“Ketidak hadiran BPBD Karo akan menjadi catatan tersendiri bagi kami. Mengingat warga kecamatan Namanteran ini merupakan masyarakat yang terdampak erupsi Sinabung.

Segera akan kita pertanyakan apakah ada unsur kesengajaan atau mengelak dari permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat,” kesal Imanuel.

Reporter : David Kaka