Aceh  

Ribuan Guru di Aceh Selatan Pertanyakan Pencairan Dana Setifikasi

Guru di Aceh Selatan pertanyakan dana sertifikasi belum cair

ACEH SELATAN | Ribuan guru di Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh mempertanyakan kepada kementerian yang berhubungan dengan keuangan negara kapan cairnya sertifikasi guru tersebut.

Sejumlah guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik sangat mengharapkan cairnya dana tersebut, mengingat sudah memasuki tahap pertama pencairannya.

Hal tersebut disampaikan beberapa guru kepada orbitdigitaldaily. com Senin (1/4/2024) tentang keluhan para guru yang mengajar.

Para guru tersebut dengan serius mengungkapkan sudah memiliki sertifikat pendidik, sertifikasi guru, sangat mengharapkan agar kementerian yang berhubungan dengan keuangan negara dapat memperhatikan nasip mereka, mengingat sudah mengambil kredit demi untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam rumah tangga.

Perlu diketahui Sertifikat pendidik guru ini satu satunya untuk penunjang kegiatan guru yang sudah bersertifikat pendidik sehingga tidak kalang kabutnya para guru sertifikasi dalam proses belajar mengajar.

Cut Yen dan buk Lismayar yang sama sama pengajar jadi guru pendidik di salah satu SMP kepada orbitdigital Selasa (2/4/2023) menyebutkan wajar seorang guru mempertanyakan kapan cairnya tunjangan guru tersebut, mengingat seorang guru itu wajib mengajar selama 24 jam perminggu, apa lagi saat sekarang ini beban seorang guru itu sangat lah berat, bukan hanya sekedar mengajar, dan banyak administrasi yang harus diselesaikan, sehingga guru tersebut saat berada di sekolah hanya bernaung dengan jam bidang study yang diembanya.

Menurut guru tersebut untuk triwulan pertama yang sudah melewati bulan Maret 2024 tahap satu yang mengajar 24 jam nonstop ini wajar saja dicairkan, karena kebiasaan di awal April Sertifikasi untuk guru pendidik sudah dicairkan.

“Namun sampai hari ini jangan kan Sertifikasi, gaji pun, belum kami terima,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akmal AH kepada orbitdigital secara terpisah Selasa (2/4/2024) menyebutkan, untuk uang sertifikasi guru biasanya hanya menunggu ditransfer dari pusat, sebelumnya Kaban BPKD Syamsul Bahri yang dihubungi juga menyebutkan uang untuk Sertifikasi guru Kabupaten Aceh Selatan belum ditransfer dari pusat, sebutnya.

Reporter : YUNARDI. M. IS