Seniman Muda Wakili Aceh di PKN, Ternyata Putra Aceh Singkil

oleh -72 views
Dzikri Alfadla putra Aceh Singkil saat memainkan alat musik Rapai di ajang PKN di Jakarta.

ACEHSINGKIL-Seniman muda yang akan mewakili Provinsi Aceh dalam ajang Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 di Istora Senayan Jakarta, ternyata putra Aceh Singkil.

Tio Dzikri Alfadla seorang seniman muda itu akan memainkan alat musik Rapai (Perkusi) dalam even nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, dilaksanakan sejak 7 hingga 13 Oktober.

Pemuda asal Aceh Singkil itu merupakan satu-satunya peserta yang akan mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Aceh.

Tio merupakan mahasiswa Jurusan Musik dari Universitas Syiah Kuala (Unsiyah) Banda Aceh. Selama berlangsungnya even tersebut Tio akan didampingi Himpunan Masyarakat Aceh Singkil-Subulussalam (HMSS) di Jakarta.

Ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Aceh Singkil, yang berada di paling ujung Pantai Barat Aceh. Terpanggil satu-satunya mewakili Aceh dalam ajang Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 di Jakarta. Kata Humas Himpunan Masyarakat Singkil-Subulussalam (HMSS) Ahmad Ridha lewat sambungan Handphone nya, Selasa (8/10/2019).

Ridha berharap dengan keikutsertaan salah satu putra Bumi Sekata Sepekat itu dalam ajang PKN, dapat menjadikan motivasi bagi seluruh generasi muda Aceh Singkil.

Sehingga dapat terus mengasah kemampuan agar bisa berkiprah di ajang lainnya untuk mengharumkan nama daerah Bumi Syekh Abdurrauf Assingkily.

Termasuk menjadi penghargaan terhadap Pemkab Aceh Singkil bagi pemuda yang akan mewakili daerah pada ajang nasional khususnya dibidang kesenian.

Dengan demikian pentingnya dukungan Pemkab Aceh Singkil untuk melestarikan kesenian rapai maupun kesenian daerah lainnya.

Dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang dimiliki Aceh Singkil diyakini akan mampu bersaing tidak hanya ajang nasional, namun di ajang Internasional, beber Ridha.

Disebutkannya, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 ini merupakan ajang yang menampilkan kreatifitas anak muda dari seluruh penjuru tanah air dalam rangka memajukan dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Reporter: Saleh