Aceh  

Tanam Pohon Bersama Forkopimda, Walikota: Untuk Masa Depan Anak Cucu Kita!

Walikota Langsa Usman Abdullah SE bersama Dandim 0104/Atim dan Kapolres AKBP Andy Hermawan SIK MSc berada di lokasi penanaman pohon. ORBIT/Rusdi Hanafiah

Langsa-ORBIT: Pemerintah Kota Langsa kembali membuka destinasi wisata baru di kawasan Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa Baro, Jumat sore (4/1/2019). Objek wisata ini dinamai dengan kebun Raya Langsa.

Menurut Toke Suum sapaan Usman Abdullah hutan raya itu akan bermanfaat bagi alam serta bagi generasi akan datang. Tak hanya itu penanaman pohon sangat penting dalam kehidupan manusia seperti menjaga keseimbangan alam pemanasan global, pemanasan bumi dan penyerapan karbon.

“Mari kita semua sebagai manusia yang hidup di planet bumi ini minimal menanam pohon setiap kita 20 batang ataupun lebih karena ini untuk masa depan anak cucu kita,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM. Dikatakannya 45 hektar lahan itu akan dijadikan destinasi baru dengan target tanaman buah yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung.

“Kita telah mewacanakan menanam pohon berbuah minimal 200 batang dari berbagai jenis pohon diantaranya durian, mangga, sersak, rambutan, aren, pete, jambu, matoa, jeruk, manggis dan kurma, tentu juga masih banyak jenis lainnya,” lanjut Marzuki Hamid.

Dijelaskan kebun raya ini hutan dengan menggabungkan fungsi lindung dan produksi berupa hutan tanaman hutan tersebut tidak hanya menghasilkan kayu, namun juga buah-buahan dan hasilnya seperti jasa lingkungan baik pariwisata, air, dan karbon.

Lebih lanjut ini program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mereka menilai Langsa salah satu daerah yang komitmen dengan penghijauan. Oleh karenanya kata Marzuki Hamid pemerintah setempat tidak harus mengeluarkan dana untuk kebutuhan destinasi baru itu.

“Kemeterian LHK memiliki program yaitu hutan serba guna. Oleh sebab itu kita adalah salah satu daerah yang giat dalam menanam pohon maka sebagai penghargaan mereka memberi puluhan ribuan bibit kepada kita. Jadi kita tanam dan tanaman ini kita manfaatkan untuk destinasi wisata,” katanya.

Untuk mendukung tumbuh dan berkembang wisata ini telah direncanakan dilokasi juga akan dibangun berbagai fasilitas seperti jalan setapak pemondokan dan lain sebagainya. On-12