Tiba di Aceh Singkil, TKI Asal Malaysia Jalani Rapid Test

oleh -478 views
Petugas kesehatan memeriksa TKW asal Malaysia di Mapolsek Gunung Meriah, Jumat (26/6). Foto. Istimewa

ACEH SINGKIL– Petugas kesehatan di Puskesmas Kecamatan Gunung Meriah melakukan rapid test dengan mengambil sampel darah dari ujung jari, kepada seorang wanita TKI asal Malaysia.

Seorang wanita yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) langsung menjalani proses rapid test setiba di Aceh Singkil, menyusul pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh, untuk memastikan yang bersangkutan tidak terpapar oleh virus COVID-19.

Kapolres Aceh Singkil melalui Kapolsek Gunung Meriah Ipda Mulyadi, kepada wartawan, Minggu (28/6/2020) mengatakan, ES (31) warga Kecamatan Gunung Meriah, yang baru tiba di Aceh Singkil langsung melakukan pemeriksaan kesehatan di Polsek Gunung Meriah, Jumat (26/6/2020) kemarin.

“Kami melakukan rapid test terhadap warga yang baru pulang dari luar negeri, untuk mengetahui apakah ada indikasi penyebaran COVID -19,” ujar Mulyadi

Pelaksanaan rapid tes tersebut untuk memastikan kesehatannya dan sekaligus memutus rantai penyebaran COVID -19 di wilayah hukum Kecamatan Gunung Meriah.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, dan test rapid yang bersangkutan menunggu selama 15 menit untuk mengetahui hasil kesehatannya.

TKW bersama Muspika Gunung Meriah
menunjukkan hasil rapid test di Mapolsek setempat. Foto: istimewa

Selanjutnya petugas kesehatan mengeluarkan hasil test dan menyatakan ES non reaktif atau negatif dari penyebaran COVID-19, sebut Mulyadi.

Mulyadi berpesan agar selama menuju penerapan New Normal, masyarakat bisa melaksanakan aktifitas seperti biasa, namun tetap sesuai standar protokoler kesehatan, dan tetap melapor kepada petugas kesehatan jika baru datang dari luar daerah, sebut Mulyadi.

Reporter : Saleh