Aceh  

Tiga Unit Boat Penebangan Kayu Bakau Liar Disita Warga Simpang Lhee

LANGSA – Tiga unit boat ukuran kecil, Satu unit Sampan, delapan Buah kampak dan 250 Batang Pohon Bakau yang telah di tumbang diamankan masyarakat Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat dalam wilayah kota langsa, Provinsi Aceh, sebagai barang bukti, Kamis (21/4/2022).

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH. Melalui Kapolsek Langsa Barat AKP Lilik Harwanto SH menjelaskan Pada hari Kamis tanggal (21/4/2022) sekira pukul 14.30 WIB telah di amankan pelaku penebangan dan pencurian kayu bakau oleh masyarakat Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa bertempat di kawasan pesisir hutan mangrove Gp.Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

Informasi yang dihimpun pelaku YM (34) , Alamat Gp.Sungai Pauh Tanjung Kec.Langsa Barat mereka telah membeli kayu bakau tersebut kepada Zl Alamat Simpang Lhee Kec.Langsa Barat seharga Rp700.000 untuk 600 batang kayu bakau yang akan diangkut dengan 6 Unit Bot kecil/ perahu.

Kemudian kayu bakau tersebut akan di bawa ke Gampong Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun, namun pada saat sedang memotong dan memuat kayu bakau ke dalam boat pelaku penebang kayu di datangi oleh sejumlah masyarakat Gampong Simpang Lhee sekira pukul 14.00 WIB.

Dengan bersitegang antara pelaku dan masyarakat Gampong Simpang Lhee akhirnya salah satu warga menghubungi Polsek Langsa Barat dengan membawa Barang bukti yang telah diamankan oleh masyarakat Simpang Lhee ke Polsek Langsa Barat.

Adapun masyarakat yang terlibat melakukan penebangan kayu tersebut YM (34) thn, Nelayan, Dsn. Melati Gp. Sungai Pauh Tanjung Kota Langsa, MI (19) Nelayan, Dsn. Sejati Gp.Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayuen Kabupaten Atim, SP (20) Nelayan, Dsn Sejati Gp.Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Atim.

Selanjutnya ucap Kapolsek” SL(47), Nelayan Dsn. Melati Gp.Matang Cincin Kec.Manyak Payet Kabupaten Aceh Tamiang, DM(40) Nelayan, Dsn. Sejati Gp.Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dan EW(39) IRT, Dsn. Melati Gp. Birem Rayeuk Gp. Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Atim. Untuk saat ini kasus tersebut masi dalam penyelidikan Polsek Langsa Barat.

Reporter : Rusdi Hanafiah