Aceh  

Tjut Agam Tokoh KP3 Aceh Barat Selatan Meninggal Dunia

Tjut Agam Kolonel Purnawirawan merupakan mantan Dandim Aceh Barat meninggal dunia

ACEH SELATAN | Tjut Agam Kolonel Purnawirawan merupakan mantan Dandim Aceh Barat meninggal dunia. Almarhum adalah sosok tentara yang sangat gigih, tegas dan keras dalam berjuang untuk kepentingan Bangsa dan Negara

Dalam aktifitas selama hidupnya, dia merupakan mantan Ketua DPD II Golkar dan mantan Ketua DPRK Aceh Barat serta mantan Ketua KP3 ABAS dan Almarhum juga adalah mantan Ketua PeTA Aceh Barat serta sederet jabatan lainnya yang Almarhum sandang.

Menurut T Sukandi Ketua KP3 ABAS Aceh Selatan mengenal Almarhum lebih 25 tahun dan selama itu pula selalu bersama dalam berjuang untuk Pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan (ABAS), mereka juga bernaung dalam satu wadah organisasi Pembela Tanah Air (PeTA).

“Kami sebagai aktivis generasi pertama pPemekaran di wilayah Pantai Barat Selatan maupun di dataran Gayo Aceh Lowser Antara (ALA),” katanya.

Disebutkan T Sukandi, ABAS dan ALA adalah anak kembar yang lahirnya berbarengan. Kawan-kawan seperjuangan generasi pertama pemekaran sudah banyak berpulang tapi para tokoh generasi yang sudah sepuh itu masih ada, di antaranya di Pantai Barat Selatan masih ada seperti Mach Salmina Ali (mantan Bupati Aceh Selatan), Adnan NS (mantan DPD Senator Aceh), Juriat (mantan pimpinan DPRK Aceh) Meurah Ali (mantan wartawan senior Aceh) dan banyak lagi.

Di ALA di dataran tinggi Gayo masih ada Amen Disky (mantan Bupati Aceh Tenggara dan mantan anggota DPR-RI) ada Syukur Kobat mantan Ketua DPRK Aceh Tengah) dan ada Tagore Abu Bakar (mantan bupati Aceh Tengah dan mantan anggota DPRI-RI) serta lainnya.

“Tjut Agam (Almarhum) bersama kami para tokoh ABAS dan ALA terus berjuang dengan segala finansial yang kami punya (tidak terhitung), unjukrasa di Jakarta di titik demonstrasi Simpang Monas Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, Depdagri dan Gedung DPR-RI.

Almarhum bersama T Sukandi

Menurut T Sukandi, pada pertengahan 2023 saya diajak oleh PJ Bupati Abdya Darmansah, Sekretaris KP3 ABAS Aceh Selatan untuk menjenguk pak Tjut panggilan akrab Almarhum

Pada saat itu kami datang bertiga Darmansah, Juriat dan saya di kediaman pak Tjut Agam di rumah Almarhum di kampung Pungki Aceh Barat

“Kami boleh dan pasti matim. tapi semangat kami tidak akan pernah mati untuk pemekaran Provinsi Aceh demi kesejahteraan masyarakat ABAS dan ALA,” pungkas T Sukandi kepada orbitdigitaldayli.com, Rabu (21/2/2023) malam.

Reporter : YUNARDI. M. IS