Aceh  

Zakat Sentuh Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Desa Terpencil Aceh Singkil

ACEH SINGKIL – Desa Situbuh-tubuh ditetapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Pusat sebagai kampung zakat pada 2019 yang lalu.

Pasca di tetapkan sebagai Kampung Zakat, berbagai bantuan sudah masuk ke Desa Situbuh-tubuh yang berada di pelosok Aceh Singkil, baik melelaui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa maupun YPI.

Selain bantuan dana pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat dari Direktur Zakat Wakaf Dirjen Bimas Islam Kemenag RI yang diserahkan melalui Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, serta bantuan dari LAZ berupa penyuluhan bidang pendidikan serta pemeriksaan kesehatan gratis dan bantuan sembako.

Kemudian bantuan dana untuk kelompok pengajian ibu-ibu Desa Situbuh-tubuh juga sudah di salurkan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, H Saifuddin melalui Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf Khasi’ah, Selasa (8/9/2020) mengatakan Kantor Kemenag Aceh Singkil melalui Penyelenggara Zakat Wakaf (PZW) telah melakukan monitoring Kampung Zakat Desa Situbuh-tubuh Kecamatan Danau Paris Kabupaten Aceh Singkil.

Monitoring dilaksanakan, Kamis 3 September 2020, dengan tujuan melihat perkembangan program kampung zakat Desa Situbuh-Tubuh terkait pemberdayaan ekonomi Masyarakat.

Melalui bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat di pelosok Aceh Singkil itu.
Setelah ditetapkan sebagai Kampung Zakat ditargetkan bisa menekan angka kemiskinan di desa itu.

Sebab program-program yang akan di laksanakan kita harapkan mampu menyentuh pergerakan ekonomi masyarakat serta bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Sementara itu kepala desa situbuh- tubuh mengharapkan agar program ini terus berlanjut, sebab program Kampung Zakat ini sangat membantu masyarakat Desa Situbuh-Tubuh.

Reporter: Saleh