Aceh  

1.895 Balita Menderita Stunting di Aceh Selatan, Bupati Launching Rumah Gizi

Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam rangka deklrasi Rumah Gizi, Kamis (3/10/2019).

ACEHSELATAN – “Mari kita tingkatkan gizi untuk anak-anak kita dalam rangka meningkatkan pertumbuhan standart di bawah umur,” demikian amanat Bupati Aceh Selatan H.Azwir S.Sos yang disampaikan Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam rangka deklrasi Rumah Gizi, Kamis (3/10/2019).

Berlangsung di Alunalun Kota Naga hadir seluruh Forkopimda dan undangan. Amran stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis kondisi gagal tumbuh balita disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang.

“Dari data dinas kesehatan dari 21.395 jumlah balita di Aceh Selatan terdapat 1.895 balita di Aceh Selatan yang stunting,” sebutnya.

Katanya, penyelenggaraan intervensi baik gizi spesifik maupun gizi sensitif secara konvergen dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.

Peran pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam hal ini Dinas Kesehatan adalah menyelenggarakan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif agar tepat sasaran dan tepat lokasi desa.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada para camat dan keuchik untuk segera berkoordinasi dengan puskesmas mendata jumlah balita stunting agar diberikan penanganan,” terangnya.

Reporter: Yunardi