15 Rumah Tak Layak Huni Butuh Perhatian Pemerintah dan Dermawan di Langkat

Nenek Icik (68) Warga Dusun III, Desa Kwala Gebang Kabupaten Langkat. (orbitdigitaldaily.com/ Muslim)

LANGKAT | Sangat miris, sedikitnya ada 15 rumah warga miskin dan kurang mampu di Desa Kwala Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat butuh perhatian serius dari dermawan khususnya Pemerintah Kabupaten Langkat.

Salah satu diantaranya rumah gubuk rewot, berdinding tepas, beratap nipah milik Nenek Icik (68) Warga Dusun III, Desa Kwala Gebang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kondisi rumahnya yaris runtuh jauh dari kata layak huni. Sehingga warga berharap agar mendapat perhatian dari Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH.

“Nenek icik ini hanya bergantung hidup dari penghasilan Nelayan jadi butuh perhatian serius dari Pemkab Langkat,” kata Zul warga Dusun II, Desa Kwala Gebang Kabupaten Langkat. Kamis (29/9/2022)

“Begini lah rumah nenek, bila musim penghujan terpaksa berpindah-pindah cari yang lebih aman, nenek pun tidak bisa tidur nyenyak, ” ucap Nenek Icik dengan suara Sedih kepada wartawan.

Sementara Kepala Kampung atau Kepala Desa Kwala Gebang, Bustami mengatakan sedikitnya ada 15 rumah masyarakat yang kurang mampu menempati rumah tidak layak huni.

“Untuk mengatasi persoalan masyarakat ini, kemampuan kami terbatas, berharap ada dermawan yang rela menyumbangkan sebagian hartanya. Untuk membantu Nenek Icik ni Ajab betul ku keleh agar dibangun rumahnya,” pintanya.

Hal tersebut dibenarkan Dedek Ahyar warga yang baru berkunjung di Desa Kwala Gebang dan melihat langsung kondisi rumah Nenek Icik tersebut.

Reporter : Muslim