Aceh  

2 Ekor Gajah Rusak Tanaman Warga Trumon Timur

Tanaman yang dirusak gajah. (Foto/Ist)

ACEH SELATAN | Warga Trumon Timur mulai geram akibat ulah dua ekor gajah yang diduga gajah jinak yang terus merusak tanaman warga.

Dua ekor gajah tersebut memasuki pemukiman masyarakat di Desa Kapasesak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Hal tersebut disampaikan Anwar Sanusi Rabu (17/4/2024) salah seorang warga Kapa Sesak Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan di kantor Bupati Aceh Selatan.

Anwar Sanusi yang didampingi temannya menyebutkan komplik gajah dengan warga Trumon Timur tak habis habisnya sejak dari tahun 2017 hingga sampai hari ini tak ada solusinya, katanya.

Oleh karenanya, kami bawa tanaman yang sudah dirusak gajah ke kantor Bupati untuk membuktikan bahwa gajah acap memasuki kebun warga Kapasesak.

Lanjutnya, gajah gajah ini acap memasuki perkebunan warga dan merusakkan tanaman di daerah kapasesak dan perusakan oleh dua ekor gajah tersebut masih berlangsung hingga saat sekarang ini.

Anwar yang didampingi seorang temannya, juga meminta kepada pihak Pemerintah untuk dapat menangani masalah ini lebih serius secara cepat, karena warga sudah merasa tidak nyaman lagi karena tanaman banyak dirusak gajah jinak tersebut.

Menurutnya, gajah ini bukan gajah liar karena dileher gajah terdapat sebuah kalung, dan itu artinya gajah yang masuk pemukiman warga itu adalah gajah yang dijinakkan,beberrnya.

Ia juga membawa pelepah sawit yang masih muda akibat dirusak gajah tersebut dan menurunkannya didepan pintu ruang Kantor Bupati, yang turut disaksikan oleh Asisten I Setdakab Kamarsyah S.Sos, MM dan Camat Trumon Timur Husen.

Sambungnya,, warga sudah lelah untuk disuruh berjaga-jaga, meski dijaga tanaman tetap dirusak, dari dulu sudah diberitahukan kepada BKSDA Aceh Selatan, namun pihak BKSDA juga menunggu dari Pemerintahan Daerah untuk menangani masalah ini, ucapnya.

Jika minggu ini juga tidak ditangani dan gajah tidak diusir, saya akan datang kemari membawa daun sawit ini yang lebih banyak lagi kedepan kantor ini”, lagi, katanya.

Gajah gajah ini, maunya ada solusinya jangan dibiarkan kami menderita ulah dari pada gajah gajah ini, sebab hampir tiap malam kami begadang menjaga agar kebun kami selamat dari amukannya, bukan hanya, tanaman yang di obrak abrik malah pondok pondok kami pun di hancurkan oleh kawanan dua ekor gajah tersebut, kadang kadang kami terpaksa mengalah,begitulah tiap malam.

Sementara itu, Asisten I Setdakab Aceh Selatan Kamarsyah S.Sos, MM menyambut tenang kedatangan warga tersebut, ia mengatakan hal ini akan tetap ditangani secepatnya, berhubung Pimpinan sedang berada diluar Daerah, maka sepulangnya akan disampaikan agar semua cepat selesai, pungkasnya.

Reporter : Yunardi