Sambut Hari Dharma Karyadhika ke 74 Rutan Kelas II B P Brandan Gelar Bakti Sosial

LANGKAT – Dalam rangka menyambut hari Dharma Karya Dhika ke 74 tahun yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2019. Rutan Kelas II B P Berandan Kabupaten Langkat Sumatera Utara mengadakan Bakti Sosial pengobatan massal gratis untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan donor darah bagi para pegawai dan Staf serta masyarakat sekitar, Kamis (24/10/2019).

Acara kegiatan Bakti Sosial pengobatan gratis yang dilaksanakan di Aula Rutan Kelas II B P. Berandan bekerjasama dengan Puskemas Pangkalan Berandan dan PMI Kabupaten Langkat. Dibuka langsung Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Pangkalan Berandan Sahata Marlen Situngkir, SH. Dalam sambutannya, Sahata mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut Hari Dharma Karyadhika 2019 yang jatuh pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Beliau juga menambahkan agar dalam pengobatan massal ini, para WBP bisa memberikan keterangan yang sebenar-benarnya kepada tenaga medis. Hal ini tentu agar kemudian dapat diberikan penanganan medis terkait penyakit yang diderita para warga binaan tersebut.

Selain itu pimpinan yang disenangi para warga binaan ini juga sangat berharap, semoga dengan kegiatan ini pelayanan kesehatan terhadap warga binaan semangkin ditingkatkan. Guna meningkatkan nilai – nilai kemanusian bagi kehidupan masyarakat tuturnya.

Kepala UPT Puskesmas dr Hj Lisdayani mengatakan dengan kegiatan ini warga binaan dapat terpantau masalah kesehatannya. Sehingga pihak Tim Medis dapat mendeteksi permasalahan penyakit yang diderita para warga binaan tersebut. Apa bila ditemukan warga binaan yang terdeteksi penyakit yang parah, dapat diberikan pengobatan yang berkesinambungan tegasnya.

Sementara kegiatan bakti sosial donor darah yang dilakukan para pegawai rutan dan masyarakat sekitar.terlihat banyak yang menyumbangkan darah mereka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah tersebut.

Dalam kesempatan ini Sahata Marlen Situngkur, SH selaku Kepala Rutan Kelas II B P. Berandan juga mendonorkan darahnya untuk kepentingan masyarakat.

Kegiatan bakti sosial ini selain di hadiri seluruh pegawai dan staf di Rutan Kelas II B P. Berandan, juga dihadiri Tim Medis UPT Puskesmas Pangkalan Berandan yaitu. Kepala UPT dr. Hj. Lisdayani, Dokter Umum yaitu, dr. Hj. Mustika , dr. Raisa Sekar Ayu Amanda. Perawat yaitu, Lilianto,SKep. Ners, M. Ray, SKep. Ners, Rahmad Riyadi, Amk, Rubiah, Amk, Citra Armaya Dewi, Amk, Syaifuddin Azhari, Amk. Bidan yaitu, Riama Sipahutar, AMkeb, Mukminah Marni, Amkeb dan Anali yaitu, Siti fauziah, Amd Ak. Dan Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) dr. Fernando, dr. Candra Wijaya. Sementara petugas donor darah Fatmawati Tanjung, Amk mewakili Unit donor darah Kabupaten Langkat beserta anggotanya serta masyarakat sekitar Rutan juga hadir.

Reporter : Rihad