Aceh  

Asisten III Abdya Serahkan Enam SK TK Berstatus Negeri

Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Edi Darmawan SSos MM menyerakan SK TK dan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ny Hj Ayu Marzuki selaku Pj Ketua TP PKK Aceh didampingi Pj Ketua TP PKK Abdya, Ny Hj Zulhijjah Darmansah dan kepala Disdikbud Gusvizarni

ABDYA | Sebanyak enam sekolah Taman Kanak-kanak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), secara resmi berganti status, dari sekolah swasta menjadi negeri, Selasa (8/8/2023).

Dikatahui, sahnya perubahan status negeri pada enam sekolah TK itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Abdya yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Edi Darmawan dan disaksikan Ny Hj Ayu Marzuki selaku Pj Ketua TP PKK Aceh, Pj Ketua TP PKK Abdya Ny Hj Zulhijjah Darmansah dan pengurus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Abdya Gusvizarni serta sejumlah pejabat terkait lainnya. berlangsung di lobi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Setempat.

Keenam TK yang berganti status menjadi negeri itu diantaranya, TK Pembina Babahrot menjadi TK Negeri Ceria, TK Aba Sikabu menjadi TK Negeri Teladan, TK PGRI Cemara Indah menjadi TK Negeri PGRI Cemara Indah, TK Pembina Susoh menjadi TK Negeri Cut Nyak Dien, TK Pembina Setia menjadi TK Negeri Cut Mutia dan TK Nurul Hasanah Tangan-Tangan menjadi TK Negeri Berlian.

Pj Ketua TP PKK Aceh Ny Hj Ayu Marzuki dalam kesempatan itu mengapresiasi upaya penegerian enam TK tersebut. Sembari menyapa peserta yang hadir, dia juga menyampaikan terkait penguatan transisi PAUD ke SD. Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang singkat itu dia juga menyampaikan terkait pentingnya memasukan nilai agama dalam pembelajaran, bukan hanya sekedar teori namun lebih pada praktinya. Nilai agama juga harus disandingkan dengan penguatan akhlak.

Proses Panjang

Sementara itu, Kadisdikbud Abdya Guvizarni mengatakan, upaya penegerian enam TK sebelumnya telah melalui proses yang panjang dan akhirnya telah membuahkan hasil.

Dia berharap, dengan bergantinya status swasta menjadi negeri ini bisa menjadikan TK tersebut lebih maju. sejauh ini jenjang pendidikan TK memiliki peran penting untuk mengembangkan keperibadian anak sejak dini dalam mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan berikutnya, sehingga proses penegerian ini memang sangat dinanti-nantikan.

“Namun dengan berubahnya status TK ini, guru honorer di TK dimaksud bisa mengikuti program P3K. Akan hal itu dukungan dan kerjasama dari semua pihak dalam mendukung kemajuan pedidikan di Abdya sangat diharapkan agar dapat melahirkan sumber daya manusia yang berdaya saing,” Demikian ucapnya

Reporter : Nazli