Atal S Depari : Wartawan Bukan Sekedar Penulis Tapi Penyampai Pesan

Ketua umum PWI Atal S Depari ketika menjadi Narasumber Webinar Mengarusutamakan Perubahan Perilaku untuk Menyelamatkan masyarakat dari Pandemi Covid-19, Jumat (6/11/2020).orbitdigitaldaily.com/Syafii


MEDAN| Ketua umum PWI Atal S Depari berpesan kepada wartawan agar tidak hanya sekedar penulis berita ‘Ubah Prilaku’ semata tapi juga harus menjadi penyampai pesan kepada masyarakat agar mereka merubah prilakunya untuk mengikuti Protokol Kesehatan dengan menerapkan 3 M.

“Pesan saya kepada teman-teman wartawan agar tidak memposisikan diri sebagai penulis berita saja tapi lebih dari itu harus siap menjadi sebagai penyampai pesan kepada masyarakat agar prilaku mereka berubah di masa Pandemi Covid-19 mengikuti Protokol Kesehatan dengan menerapokan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan Sabun dan Menjaga jarak red),” pesan Atal kepada wartawan ketika menjadi narasumber Webinar dengan tema Mengarusutamakan Perubahan Perilaku untuk Menyelamatkan Masyarakat dari Pandemi Covid-19, Jumat (6/11/2020).

Atal menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi Desa Kretek di Bogor dimana masyarakat di Desa itu tidak menerapkan Protokol Kesehatan padahal informasi dari media sudah ada di daerah itu. “Nah sebagai wartawan ketika meliput di Desa Kretek itu hendaknya jangan hanya menulis tentang apa yang terjadi di Desa Kretek itu tapi harus juga menyampaikan pesan apa itu tentang perubahan prilaku dalam menghadapi Covid-19. Karena percuma saja kalau kita menulis perubahan prilaku kalau masyarakatnya tidak merubah prilakunya. Artinya tulisan yang kita buat tidak berdampak ke masyarakat,” kata Atal.