BKKBN Sumut Promosikan Program PPS Bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI

Anggota DPR RI Komisi IX, Delia Pratiwi Sitepu SH foto bersama dengan rombongan perwakilan BKKBN Sumut dan warga Langkat. (Foto/Ist)

SEI LEPAN | Masih dalam rangka kegiatan Promosi dan KIE Program Percepatan Penurunan Stunting (PPS) di Wilayah Khusus bersama salah satu anggota Komisi IX DPR RI, Delia Pratiwi Br Sitepu Dapil Sumut III di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Rabu (23/08/2023).

Kegiatan dibuka oleh Camat Sei Lepan Muhammad Iqbal Ramadhan, SE dan ia menyambut baik kedatangan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut dan Komisi IX DPR-RI untuk sosialisasikan Program Percepatan Penurunan Stunting karena menurutnya, warga kecamatan Sei Lepan masih banyak yang belum mengetahui apa saja yang menjadi indikator keluarga beresiko Stunting, dan bagaimana langkah-langkah pencegahannya.

Ketua Pokja Advokasi dan KIE Dra Rabiatun Adawiyah, MPHR saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Promosi dan KIE Program PPS di Wilayah Khusus bersama Komisi IX DPR RI di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. (Foto/Ist)

Sekaitan hal tersebut, Ketua Pokja Advokasi dan KIE – Dra. Rabiatun Adawiyah, MPHR menyampaikan arahannya terkait program Percepatan Penurunan Stunting. Stunting adalah gagal tumbuh akibat kurangnya asupan gizi, di mana dalam jangka pendek dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme, dan pertumbuhan fisik pada anak. Hal tersebut bisa dicegah melalui pengasuhan 1000 HPK.

“Bapak/Ibu kita bisa cegah stunting sejak 1000 hari kehidupan pertama, sejak masa kehamilan. Mari kita lebih memperhatikan barangkali istri, keluarga, tetangga kita yang hamil, mulai dijaga kesehatannya, diperhatikan asupan dan nustrisinya agar anak lahir terhindar dari stunting” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kondisi jamban dan sumber air bersih yang mumpuni dapat membuat keluarga terhindar dari resiko Stunting.

Anggota DPR RI Komisi IX, Delia Pratiwi Sitepu SH saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Promosi dan KIE Program PPS di Wilayah Khusus di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. (Foto/Ist)

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI, Delia Pratiwi Br Sitepu turut mendukung program yang disosialisasikan BKKBN.

Bahkan ia mengajak masyarakat di Kecamatan Sei Lepan untuk ikut serta ber-KB, karena menurutnya ber-KB menjadi salah satu cara untuk terhindar dari Stunting.

“Memberikan ASI eksklusif sampai dengan 6 Bulan dan MPASI yang bergizi sampai dengan usia 2 tahun,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pokja Advokasi – Dra. Rabiatun Adawiyah, MPHR, Camat Sei Lepan – Muhammad Iqbal Ramadhan, SE, Koramil, perangkat desa, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, dan diikuti oleh sebanyak 350 peserta yang berasal dari masyarakat setempat. (Red)