Karo  

Buka Kongres Kebudayaan, Bupati : Budaya Karo Wajib Dilestarikan

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang disambut barisan penari saat membuka Kongres Kebudayaan Karo Tahun 2023

KARO I Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama serta diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Seiring perkembangan zaman serta teknologi dapat membuat suatu budaya menjadi tergerus maknanya.

Untuk itulah kita sangat mengharapkan agar Budaya Karo wajib dipertahankan dan dilestarikan menjadi warisan bagi generasi berikutnya.

Hal itu dikatakan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang saat membuka Kongres Kebudayaan Karo, Tahapan Perkawinan Adat Karo Tahun 2023 dan Lomba Objek Pemajuan Kebudayaan tahun 2023., Jumat (3/11/2023) di Hotel Sibayak Internasional Berastagi, Jumat (03/11/2023).

Menurutnya diantara masyarakat Karo sendiri ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan adat Karo berdasarkan wilayahnya. Untuk itu saya berharap melaui kongres ini dapat mengambil kesepakatan dan kesimpulan tanpa memaksakan kehendak dan keinginan pribadi dalam melaksanakan dan menjalankan budaya Karo, sehingga hasil yang didapat nanti dapat benar-benar dilaksanakan di wilayah dan lingkungan masing-masing.

Sebelumnya panitia melaporkan bahwa, pelaksanaan Kongres Kebudayaan Karo tahun 2023 yang berlangsung selama dua hari, mulai 3 November 2023 hingga 4 November 2023 dihadiri peserta sebanyak 250 orang, yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat se-Kabupaten Karo, tokoh adat dari 17 kecamatan, tokoh agama, himpunan masyarakat Karo Indonesia se-Sumut, dan pemerhati budaya.

Kegiatan ini dilatar belakangi bahwa warisan budaya Karo perlu dilestarikan guna mempertahankan akar Budaya Karo yang telah dimiliki. Fenomena di Kabupaten Karo sekarang banyak perkawinan adat Karo yang sudah tidak sesuai dengan nilai leluhur yang diwariskan, maka dianggap penting untuk membuat satu kesepakatan bersama yang akhirnya menjadi pedoman untuk perkawinan Karo.

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Sekretaris Daerah Kab. Karo, Drs KamperasTerkelin Purba MSi, Asisten Perekonomian dan Pembagunan Drs Dapatkita Sinulingga, Kadis Kebudayaan Pemuda dan olahraga serta Pariwisata, Munarta Ginting SP, Kadis Kominfo Kab.Karo, Frans Leonardo Surbakti, SSTP, dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Karo.

Reporter : Daniel Manik