Karo  

Bupati, Dandim dan Kapolres Karo Sepakat Posko Utama Erupsi Sinabung Dipindahkan ke Kabanjahe

TANAH KARO Persiapkan Posko Utama Erupsi Gunung Sinabung pindah ke Kabanjahe dari Kantor Koramil Simpabg Empat, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Sik, Plt Kalak BPBD Karo Natanael Peranginangin tinjau kondisi kantor UPT Perairan Provsu di jalan veteran Kabanjahe, Kamis (20/8/2020).

Menurut Terkelin Brahmana, peninjuan ini dilakukan atas kesepekatan adanya saran dan usulan dari pihak Kodim 0205 /TK dan Polres Tanah Karo, pasca erupsi Gunung Sinabung, maka sangat dibutuhkan Posko utama yang layak, menerima kedatangan tamu dari pihak terkait.

” Yang ada saat ini Posko utama di Kantor Koramil 04 /Simpang Empat, dianggap belum memadai fasilitas sebagai posko utama.

Karena kondisi tidak memadai lagi, Dandim dan Kapolres mengajak saya untuk meninjau kantor bekas UPT Pengairan Provsu, yang pernah dipakai sebagai Posko darurat bencana alam,” kata Terkelin.

Sementara Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, menyebutkan jika Pemda Karo menyetujui bekas kantor pengairan ini kembali difungsikan menjadi Posko utama bencana alam, sungguh berterimakasih, sebab hal ini sangat mendukung kegiatan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung.

Menurutnya, kantor Koramil 04/Simpamg Empat memang sudah ada, namun lebih efektif dipindahkan ke bekas kantor Pengairan sebagai Posko utama, sedangkan kantor koramil menjadi pos kotis.

“Sebagai kelayakan dan kemudahan kordinasi antar lintas pusat, provinsi dan daerah, sangat lebih efisiensi Posko utama berada di Kabanjahe,” tandas Eko.

“Untuk pembenahan, segera akan kita benahi kantor itu, agar dalam waktu beberapa hari kedepan, Posko utama ini sudah dapat difungsikan,” tambahnya.

Senada Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Sik SH, sependapat kalau Posko utama yang di Koramil dipindahkan ke Kabanjahe sangat tepat, guna mempermudah dan memperlancar kordinasi, apabila sewaktu waktu Gunung Sinabung erupsi.

Menanggapi perpindahan Posko Utama, Plt Kalak BPBD Natanael Peranginangin, mengatakan bahwa bekas kantor pengairan Provsu, memang dilihat dari sisi Fasilitas sudah cukup bagus. “Jika ada kegiatan rapat, diskusi dan kunjungan tamu dalam sekaitan erupsi gunung Sinabung, sudah layak digunakan,” ujarnya.

Reporter: Daniel Manik