Karo  

Bupati Karo Apresiasi Kepedulian Kemenkeu RI Atas Laju Proses Pengelolaan DAK

Cory S Sebayang teken teken nota kesepahaman anatra Ditjen Perbendaharaan Propsu dengan Pemkab Karo. (Foto/Ist)

KARO | Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang tandatangani Nota kesepakatan forum kerja sama peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Pemerintan Pusat dan Pemerintah Daerah antara kantor Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Karo, Rabu (14/6/2023) di ruang Rapat Bupati Karo.

Dikesempatan itu Cory S S Sebayang mengatakan, Kementerian Keuangan RI sangat memperhatikan laju proses pengelolaan keuangan, dalam hal ini sektor Dana Alokasi Khusus (DAK) dan mengingat bahwa alokasi DAK memiliki perlakuan khusus yaitu pembatasan jadwal penyaluran, maka konsekuensi yang diterima adalah tidak terealisasinya DAK yang telah diperuntukkan bagi Kabupaten Karo.

“Sesuai ketentuan batas akhir penyampaian dokumen pencairan DAK tahap pertama paling lambat tanggal 21 Juli 2023, jika ketentuan tersebut tidak dapat dipenuhi maka dipastikan Pemerintah Pusat tidak akan menyalurkan DAK tahap pertama untuk tahun anggaran 2023 ini,” jelas Cory..

Dia berharap agar seluruh pimpinan Perangkat Daerah memanfaatkan forum itu sebagai media berkosultasi dan diskusi agar setiap kendala dalam penyusunan dokumen dimaksud dapat diatasi sehingga realisasi penyaluran DAK dapat terlaksana dengan baik.

Turut hadir, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Syaiful, SE AK MM, Kepala KPPN Sidikalang, Nova Juliana Sianturi dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.

Reporter : Daniel Manik