Bupati Warning Kasek, Tidak Peduli Kondisi Sekolah, Dicopot

oleh -113 views

ACEH SINGKIL-Bupati Aceh Singkil mengintruksikan Dinas Pendidikan harus selektif mencari akar permasalahan, untuk meningkatkan taraf pendidikan di daerah.

Sehingga kepala sekolah (Kasek) harus bersinergi bersama Pengawas dan guru-guru, untuk mencari kelemahan dan menyiapkan terobosan perbaikan taraf pendidikan. “Jika Kasek tidak buat laporan tentang kondisi sekolah, tidak disiplin.

Dinas Pendidikan harus evaluasi Kasek dan diganti saja,” kata Bupati Dulmusrid saat memberikan sambutannya di hadapan ratusan Kepala Sekolah, Pengawas dan Dewan Guru, dalam acara temu ramah guru-guru sekolah, di Gedung Seni Budaya Pulo Sarok Singkil, Rabu kemarin.

Dulmusrid berharap agar para Kasek bersama Pengawas Sekolah dan dibantu para dewan guru yang langsung bersentuhan dengan anak-anak harus mencari akar permasalahan.

Sebab kondisi pendidikan Aceh Singkil yang saat ini memperihatinkan, yakni tingkat pendidikan Aceh Singkil berada pada urutan ke 22 dari 23 kabupaten/kota di se Provinsi Aceh.
“Sekolah mana yang taraf pendidikannya masih rendah SDM nya, dicari solusi penanganannya, kemudian digenjot agar meningkat, ini tugas Kasek dan Pengawas,” ucap Dulmusrid.

Bupati mengatakan, Kasek harus aktif membuat laporan. Jika Kasek tidak laporkan kondisi sekolah, maka pemerintah buta dengan kondisi sekolah itu. Dan Kasek harus segera di evaluasi,” tegasnya.

Disebutkannya, laporan kondisi sekolah jangan menunggu rusak parah baru dilaporkan. Namun jika hanya rusak sedikit saja dan cuma modal paku Rp.10 ribu tidak mau memperbaiki, artinya anda tidak mau sumbangsih untuk negara.

Saya tekankan kedepan harus ada bukti tanggung jawab sekolah. Untuk memperbaiki mutu sekolah jadikan anak-anak pintar.

“Kita jadi guru karena guru. Saya jadi Bupati juga karena guru,” tandas Bupati

Menanggapi pernyataan bupati, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil Yusfik Helmi, kepada wartawan, Minggu (26/1/2020) mengatakan, siap memberikan sangsi tegas terhadap kepala sekolah maupun pengawas yang tidak mendukung dan bekerja keras untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Yusfik juga menyampaikan apresiasi dan akan melaksanakan sikap tegas bupati untuk untuk mengevaluasi dan mencopot kepala sekolah yang tidak disiplin.

Guru merupakan profesi tenaga fungsional dibidangnya dan bukan tenaga struktural.
Sehingga Dinas Pendidikan akan menyahuti dan mengevaluasi pencapaian kedepan.

Disdik juga senantiasa berharap para Kasek, Pengawas dan guru-guru terus bersinergi dalam menyahuti visi misi bupati, untuk menjadikan siswa-siswi cerdas, tandasnya.

Reporter : Saleh