CUAN Berhak Ikut Pilkada Karo, Lalu Siapa Wakil Cuaca Bangun?

oleh -2.039 views
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Perbaikan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo di Hotel Sibayak Berastagi, Jumat (21/8/2020)

TANAH KARO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo Gemar Tarigan ST mengatakan, pasangan bakal calon perseorangan di Pilkada Karo tahun 2020 yang sah secara administrasi adalah Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba (CUAN).

Hal ini disampaikan Ketua KPU Karo saat membuka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Perbaikan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo tahun 2020 di Tingkat Kabupaten, Jumat (21/8/2020) di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo.

Diketahui, hasil Rekapitulasi Dukungan Perbaikan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo Tahun 2020, pasangan Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba dinyatakan lolos.

Jumlah dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 24.805 dukungan melebihi batas minimal 23.900 dukungan. Sehingga, pasangan CUAN berhak mendaftar ke KPU Karo mulai tanggal 4 September hingga 6 September 2020

“Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba lolos, dan berhak mendaftarkan ke KPU Karo tanggal 4-6 September 2020,” kata Gemar kepada orbitdigitaldaily.com di Hotel Sibayak Berastagi.

Ditambahkan Gemar, memang ada surat masuk permohonan pergantian bacalon Wakil Bupati Karo dari Cuaca Bangun, tetapi sampai saat ini belum dapat diperoses.

Menurutnya, pihak KPU Karo akan melakukan pemanggilan kepada Cuaca Bangun dan di waktu lain akan berkunjung/ bertemu dengan Agen Morgan Purba untuk klarifikasi terkait kebenaran dari surat yang disampaikan oleh Cuaca Bangun.

Setelah itu, KPU Karo akan pleno dan memutuskan apakah pergantian bacalon Wakil Bupati Karo tersebut dapat diterima atau tidak.

Lalu, bagaimana dengan nasib Indra Sembiring Maha yang sudah digadang-gadang Cuaca Bangun untuk menggantikan posisi Agen Morgan Purba sebagai bacalon Wakil Bupati Karo, dimana sudah melakukan sosialisasi dan sudah pula mengeluarkan “energi” selama ini.

Kemudian, bagaimana pula dengan pernyataan Tim Sukses (Timses) Agen Morgan Purba yang menyebutkan akan menyerahkan surat pengunduran diri Agen Morgan Purba mendampingi Cuaca Bangun di Pilkada Karo tahun 2020.

Sebelumnya diketahui, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karo dari jalur perseorangan yaitu Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba, terancam gagal mengikuti Pilkada Karo 2020.

Pasalnya, salah satu calon atas nama Agen Morgan Purba yang didaftarkan dan telah melewati tahapan verifikasi administrasi sebagai bakal calon Wakil Bupati Karo mendampingi Cuaca Bangun dalam Pilkada Karo 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, akan mengundurkan diri.

Hal ini dikatakan Maswan Kemit didampingi Tenang Purba dan Julius Depari, yang ketiganya merupakan tim sukses dari bakal calon Wakil Bupati Karo Agen Morgan Purba, saat melakukan Konfrensi Pers di Jalan Padang Mas Kabanjahe, pada Kamis (20/8/2020).

Reporter: David Kaka