Desa Sialang semakin Berjaya dengan program Desa Berdaya PLN

LUBUK PAKAM| Setelah diresmikannya Program Desa Berdaya PLN pada tanggal 13 Oktober 2023 lalu. Kini, program tersebut semakin berkembang dan survive serta mendapatkan Piagam Penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang melalui program Bank Sampah Unit (BSU) Mandiri pada (15/5).

PLN UID Sumatera Utara terus melakukan mendampingi pada setiap kegiatan yang telah dicanangkan dalam program Desa Berdaya PLN ini. Berbagai program telah berjalan yaitu: penanaman dan perawatan pohon tabebuya dan taman desa, budidaya maggot, rumah kompos, peternakan lele sangkuriang, bank sampah, bantuan sarana dan prasarana listrik sekolah, bimbingan belajar bahasa inggris, sialang farm (breading domba), workshop keuangan dan BMC, workshop kinerja guru, beasiswa multimedia, serta pemberian alat bantu produksi UMKM.

Saat ini tercatat peternakan ikan lele sudah melakukan panen sebanyak 3 kali, bank sampah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1,2 hingga 1,8 ton setiap 1,5 bulan sekali dengan inovasi tabungan, setor tunai, pemeriksaan kesehatan lansia gratis dengan sampah, dan pembelian sampah dengan token listrik.

Selain itu, produksi pupuk kompos meningkat hingga dua kali lipat dari produksi awal, dan telah dilakukan uji lab nutrisi, memperoleh bantuan mesin penggiling, serta pengujian demplot pangan bekerjasama dengan petani lokal.

Tidak hanya itu, Sialang farm yang merupakan program baru dalam beberapa bulan terakhir sudah mulai menghasilkan dan sudah mulai bereproduksi. Kelompok penerima manfaat tinggal menunggu waktu kelahiran domba – domba tersebut.

Damin, selaku ketua kelompok ternak lele mengucapkan syukur dan terima kasih kepada PLN Peduli yang terus mendampingi dan mengedukasi warga sehingga bisa produktif seperti saat ini.

“Terima kasih kepada PLN, berkat program dari PLN Peduli, kami telah berhasil panen sebanyak 3 kali dan hasilnya Alhamdulillah. Semoga kedepannya kami dapat meningkatkan kualitas dari hasil panen kami sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Sialang,” Ujar Damin.

Dalam wawancara terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto berharap program Desa berdaya ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi desa percontohan yang dapat diikuti oleh desa lainnya.

“Semoga Desa Sialang dapat menjadi desa percontohan yang dapat diikuti oleh desa lainnya yang ada di Sumatera Utara. Melalui program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di desa,” harap Saleh.rel