Diknas Karo Anjurkan Pengenalan Lingkungan Sekolah Kepada Siswa Baru Secara Daring

oleh -346 views
Kadis Diknas Kab Karo DR Drs Eddi Surianta Surbakti memberi penjelasan program pendidikan di tenagh pandemi Covid-19

TANAH KARO- Guna mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 terhadap anak didik sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Karo terbitkan Surat Edaran Surat Edaran Nomor : 420/1833/SMP.I/2020 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pembelajaran Mandiri di Rumah Tahun Ajaran 2020/2021.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo DR Drs Eddi Surianta Surbakti MPd, melalui hubungan Whatsappnya, Minggu (12/7/2020) di Kabanjahe.

Menurutnya, untuk tahun pelajaran 2020/2021, sesuai dengan kalender pendidikan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 ini, dan dalam kaitan ini, sekolah berkewajiban menyampaikan jadwal dan metoda pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kepada peserta didik baru, yang dilaksanakan secara daring. Artinya pihak sekolah memperkenalkan sekolah melalui video atau tulisan lewat jaringan internet dengan menggunakan/memanfaatkan Whatsapp, youtube, zoom dan google classroom.

“Selanjutnya, melalui pengenalan lingkungan sekolah (PLS) itu, pihak sekolah menyampaikan visi dan misi sekolah, struktur organisasi sekolah, sarana prasarana, personil guru dan tenaga administrasi, prestasi sekolah, kurikulum, peraturan akademik, tata tertib siswa, budaya sekolah, penguatan pendidikan karakter (religius,sehat, cerdas, dan produktif), cara belajar efektif, bahaya narkoba dan zat adiktif lainnya, wawasan kebangsaan dan informasi lainnya, disampaikan secara daring dengan narasi, tulisan, audio visualisasi dan infografis,” terangnya.

Baca juga :Meraih WTP Tak Segampang Membalikkan Telapak Tangan

“Kemuadian bagi sekolah yang tidak memiliki akses internet dapat melakukan PLS melalui luring dengan tatap muka, tetapi memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, dengan terlebih dahulu pihak sekolah menyampaikan permohonan pelaksanaan kegiatan dan mendapat persetujuan dari Dinas pendidikan Kab Karo,” imbuh Eddi Surianta.

“Mengenai Program pembelajaran mandiri di rumah (daring,luring,dan kombinasi) dan mensosialisasikan program itu kepaada seluruh warga sekolah, pihak sekolah wajib melaksanakan rapat guru untuk menyusun proram dimaksud,” tambahnya.

“Untuk melengkapi program terdahulu, sekolah juga menyusun program pembelajaran mandiri di rumah, (daring,lurig dan kombinasi), termasuk mempersiapkan modifikasi pembelajaran RPP,” kata Eddi.

Surat edaran itu juga dianjurkan kepada siswa untuk memanfaat media pembelajaran melalui siaran TVRI atau platform resmi Kemendikbud.

Pihak sekolah diberi tugas untuk merancang inovasi platformdigital sekolah yang memuat pembelajaran daring muah dan murah di akses oleh warga sekolah. Dan pengawas sekolah berperan aktif mebimbing dan mendampingi sekolah dalam pelaksaanna PLS dan pelaksanaan pembelajaran mandiri di rumah TP 2020/2021.

Begitu juga koordinator wilayah kecamatan, harus berperan aktif mengkoordinir sekolah dalam pelaksanaan PLS dan pelaksanaan pembelajaran mandiri di rumah TP 2020/2021 ini,” pungkas Eddi Suranta.

Reporter : Daniel Manik