Medan  

Donor Darah Bersama Sahabat Dorah di Paya Bakung Sukses

Para pendonor sedang menjalani pengambilan darah oleh petugas dalam aksi Sahabat Dorah di Jalan Paya Bakung, Sunggal

MEDAN | Aksi sosial berupa donor darah yang dilaksanakan atas kerjasama dengan berbagai lembaga sosial diprakarsai Sahabat Dorah di Jalan Paya Bakung Kamp. Terang Bulan, Dusun VI Disky, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang berlangsung sukses dan mendapat dukungan berbagai pihak.

Masyarakat yang datang untuk berdonor sejak pagi dibuka berlangsung Minggu, (26/05/2024) tampak antusias. Umumnya mereka yang hadir untuk diambil darahnya merupakan para pendonor yang selama ini aktif, namun tidak sedikit juga orang baru dan semuanya harus terleih dahulu menjalani pemeriksaan oleh petugas.

Para petugas terlatih diturunkan, baik dari Palang Merah Indonesia (PMI), para relawan maupun tenaga medis dalam rangka untuk mendukung terlaksananya aksi sosial tersebut.

Dalam pantauan di lokasi tergambar, bahwa kegiatan donor darah yang sudah beberapa kali dilaksanakan di daerah ini mendapat dukungan dari masyarakat. Hal itu terbukti minat warga untuk menyumbangkan darahnya kepada petugas lumayan banyak dan sedikitpun di antara mereka yang diambil darahnya merasa takut.

Tim relawan menunjukkan darah hasil dari pendonor untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan

Banyak Manfaat

Di antara para pendonor yang dihubungi mengatakan, sudah beberapa kali mendonorkan darahnya di setiap kesempatan kegiatan yang digelar Sahabat Dorah di wilayah tersebut. Dikatakan ternyata apa yang disampaikan para ahli kesehatan masuk akal, dengan berdonor darah maka sirkulasi darah ditubuh menjadi lebih teratur dan stabil.

“Bahkan dipercaya bisa menambah kesehatan karena darah kita terus berganti. Pokoknya banyak manfaat dengan berdonor, baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang terbantu membutuhkan darah,” kata seorang ibu yang tidak mau disebutkan namanya warga sekitar Jalan Paya Bakung.

Koordinator Sahabat Dorah, Sri Rejeki pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan sosial donor darah yang mereka laksanakan setiap minggu dengan tempat berpindah di wilayah Sunggal Deliserdang maupun Medan tersebut sebagai bagian dari program Sahabat Dorah untuk membangun jiwa sosial kepada semua orang.

Bahwa melalui setetes darah kita bisa menyelematkan jiwa banyak manusia dan itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki jiwa sosial dan kemurahan hati masing masing. Tidak semua orang mau mendonorkan daraahnya kecuali bagi mereka yang tulus dan ikhlas, sebut Sri Rejeki yang tidak pernah lelah dengan aksi sosialnya tersebut bersama dua sahabatnya Dedy Mulyono dan Dedy Ismanto.

Aksi sosial mereka selama ini mendapat dukungan penuh dari HOPE salah satu lembaga sosial yag tidak asing lagi di Indonesia, bersama GRANAT Sunggal maupun masyarakat yang peduli dengan darah. OR – 07