Duma Sari Hutagalung, Anggaran RTH Rp42 Miliar Tak Sebanding dengan Hasilnya

oleh -474 views
Sauasana rapat antara DPRD Medan dengan DKP Medan

MEDAN- Anggota DPRD Kota Medan Dame Duma Sari Hutagalung menyebut anggaran untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Medan Tahun 2019 senilai Rp42 Miliar tidak sebanding dengan hasil yang diharapkan. ” Anggarannya besar namun hasilnya minim,” kata Duma kepada orbitdigitaldaily.com Rabu (8/7/2020) usai mengikuti rapat dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Medan membahas tentang LPj APBD 2019.

Selain menyoroti besarnya anggaran RTH 2019 , Duma juga mengkritisi kinerja Kepala DKP Kota Medan M Husni SE, MSi yang tidak memiliki skala prioritas bahkan bekerja terkesan asal-asalan.

” Kondisi taman di Kota Medan belum maksimal tidak sesuai dana perawatan yang digelontorkan. Banyak bunga yang ditanam hari ini besok sudah layu,taman kota direvitalisasi tapi belum setahun sudah rusak, terkesan sangat mubajir. Keindahan Kota Medan tidak tampak karena pekerjaan taman-taman kota tidak berkualitas,” sebut Duma.

Salah satuProyek Renovasi Taman Tahun 2019 yang sudah hancur di Jalan Gatot Subroto Medan

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan banyaknya pohon yang ditebang demi kepentingan bisnis kelompok dan oknum tertentu akibatnya RTH Medan minim dan kota menjadi gersang.” Salah satunya adalah penebangan 19 pohon di Jalan Cut Mutia ,” ungkap Duma.

Sementara itu Kepala DKP Kota Medan M Husni SE, MSi saat dikonfirmasi membenarkan pengelolaan RTH (TA) 2019 senilai Rp42.173.512.138, belum maksimal dan RTH Kota Medan masih sekitar 6 persen.

Baca Juga : Miris 19 Pohon Ditebang Untuk Kepentingan Bisnis

“Yang pertama saya akui belum maksimal. Kedua, RTH disini bukan cuma pengadaan pohon tapi sudah termasuk perawatan taman dan pengadaan kendaraan serta pembayaran hutang tahun 2018 lalu. Dan soal anggaran itu sebagian di tenderkan dan penunjukan langsung (PL). Untuk tahun 2020 anggaran RTH tidak ada anggarannya,”kata Husni.

Diketahui sesuai Undang-undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang setiap kota harus memiliki 30 persen dan minimal 20 persen RTH publik dari luas wilayah kota. Sementara RTH di Kota Medan saat ini hanya 6 persen.

Reporter : Toni Hutagalung