IMI Paluta Minta APH Periksa Pimpinan PKS PT CIS dan Kadis LH

Ketua DPP IMI Paluta Ilham Siregar. (Foto/Ist)

MEDAN | Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Islam Padang Lawas Utara (DPP IMI Paluta) meminta Aparat Penegak Hukum (APH) untuk memeriksa Pimpinan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Cahaya inti Sawit (CIS) yang berlokasi di Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Pasalnya perusahan tersebut diduga tidak memiliki izin namun sampai sekarang masih beroperasi. Hal itu disampaikan Ketua DPP IMI Paluta, Ilham Siregar kepada wartawan di Kota Medan, Jum’at (8/3/2024).

Ilham mengatakan PKS PT CIS diduga tidak memiliki izin sesuai surat yang diterima dari Dinas Perizinan Paluta bahkan PKS tersebut juga sudah pernah ditutup oleh Pemkab Paluta pada tahun 2021 lalu namun kembali beroperasi tanpa ada kendala.

“PKS PT CIS ini sudah pernah ditutup oleh Pemkab Paluta pada April Tahun 2021 lalu namun tidak sampai 2 tahun PKS PT CIS ini diduga kembali beroperasi sebagaimana Informasi dan data yang kami dapat,” ungkap Ilham.

“Maka dari itu kami minta APH untuk memeriksa pimpinan PT CIS terkait dugaan beroperasinya PKS tersebut dan juga segera menindak secara hukum yang berlaku. Serta melakukan pemeriksaan terkait dugaan kerugian keuangan Negara dan lingkungan yang disebabkan oleh perusahaan ini mulai tahun 2018 sampai sekarang,” ucapnya lagi.

Bahkan Ilham juga mendesak APH melakukan pemeriksaan status lahan tempat berdirinya PKS PT CIS dan meminta agar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Paluta mulai dari tahun 2018 juga turut diperiksa.

“Karena menurut informasi Dinas Lingkungan Hidup diduga melakukan pemungutan pada retribusi limbah cair pada PT CIS sebesar Rp. 6.480.000,00 mulai dari tahun 2018,” sebutnya.

Mahasiswa Kota Medan ini juga meminta agar kiranya Pemkab Paluta segera melakukan penyegelan secara permanen terkait PKS PT CIS apabila jika belum memiliki izin. Serta mendesak Pemkab Paluta agar turut melaporkan permasalah tersebut kepada APH.

Sementara itu Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur dan Plh Sekda Paluta Makmur Harahap saat di konfirmasi terkait beroperasi nya kembali PKS PT CIS melalui pesan Whatshap belum ada memberikan jawaban sampai berita ini ditayangkan. (IS)