Ini Penjelasan Kadisdikbud Aceh Singkil, Soal BOS Untuk Alkes Sekolah

oleh -110 views
Bupati Dulmusrid dan Kadisdikbud usai pertemuan tertutup membahas peningkatan mutu pendidikan

ACEH SINGKIL- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil akan mulai memberlakukan belajar tatap muka Senin depan. Sehingga seluruh sekolah harus menyediakan alat kesehatan sesuai petunjuk protokoler kesehatan dimasa pandemi COVID-19.

Kadisdikbud Aceh Singkil, Khalilullah kepada Orbitdigital, diruang kerjanya, Jumat (10/7/2020), mengatakan sesuai Petunjuk Tekhnis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Nomor.582/V/2020, tentang BOS Afirmasi berdasarkan Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekolah diperbolehkan untuk pengadaan perlengkapan protokoler kesehatan.

Sebab, sekolah yang berada di kawasan zona hijau COVID-19 sudah diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2020-2021, 13 Juli mendatang untuk setingkat SMP dan SMA.

Katanya, dimasa kedaruratan COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan dana BOS untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfektan), masker atau alat kesehatan lainnya, termasuk thermogun upaya mendukung kebijakan pemerintah di masa penerapan masa new normal.

Disamping itu katanya, penggunaan dana BOS juga bisa digunakan untuk membayar guru honorer yang tercatat Dapodik.

Baca juga : Saat Pansus di Aceh Singkil, DPRA Dukung Percepatan Fungsional Jalan Singkil-Trumon

Pembelian kebutuhan anak didik seperti transportasi maupun pembayaran transportasi bulanan murid untuk sekolah. Seragam sekolah serta sarana penunjang belajar lainnya. “Mulai tahun ini dana BOS agak lebih fleksibel penggunaannya,” sebutnya.

Selain dana BOS, Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) juga dibenarkan untuk membantu anak yang putus sekolah serta anak tidak mampu, yang sedang akan dilakukan pendataan oleh Dinas Pendidikan.

Saat ini pihaknya juga sedang menyusun program kerja penugasan, untuk pemerataan guru diseluruh daerah, terangnya.

Reporter : Saleh