Internasionalisasi, USU Ikuti JWG 2022 di Prancis

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dan Direktur Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Prof Dr. Eng Himsar Ambarita. (Foto/Ist)

PRANCIS | Memasuki semester kedua tahun 2022, Universitas Sumatera Utara (USU) terus melakukan serangkaian kegiatan untuk mendukung program prioritasnya, yakni internasionalisasi. Terbaru USU mengikuti 12th Joint Working Group (JWG) on Higher Education, Research, Innovation and Entrepreneurship di Valenciennes, pada 28-29 Juni 2022.

Tim USU sendiri diwakili oleh Rektor Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dan Direktur Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Prof Dr. Eng Himsar Ambarita. Pada kesempatan itu, USU menyampaikan dua hal penting yakni isu Bidang Tropical Medicine: “Centre of Excellent in Tropical Medicine Faculty of Medicine USU” dan Bidang Agro Industry: “Inclusive and Sustainable Palm Oil”.

Kedua tema ini mendapat animo yang sangat baik dari beberapa universitas di Prancis yang langsung melakukan kontak untuk melakukan kemitraan bersama seperti Cirad dan IuT (Institut universitaire de Technologie Valenciennes).

Baca juga: USU Terima 2.479 Mahasiswa Baru Melalui Jalur UTBK-SBMPTN 2022

Rektor USU juga berpesan agar JWG ini dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk mendukung visi USU pada Rentra Tahap II menjadi universitas berstandar Internasional. USU juga akan berkolaborasi dengan salah satu universitas di Prancis, yakni Universite Polytechnique Husts-de-France. Kolaborasi ini diharapkan melibatkan beberapa universitas di Indonesia.

Selain program khusus ini program spesifik lainnya yang akan dilakukan antara USU dengan beberapa universitas di Perancis adalah Summer Course, International Internship, Joint Publication dan Joint Supervision.