Kajatisu Amir Yanto Diminta Periksa Oknum Manager,Koordinator Dana Bos, dan Kacab Dinas Pendidikan Sumut

oleh -313 views
Ketua LSM Kommpas Aji Lingga

MEDAN – Guna membuktikan adanya keterlibatan oknum pejabat di Dinas Pendidikan Sumut yang diduga mengendalikan Akun SIPLAH SMA Negeri dan SMK Negeri , Komunitas Masyarakat Mahasiswa Penggiat Anti Korupsi Sumut (Kommpas) meminta Kajatisu Dr Amir Yanto memeriksa oknum Manager BOS dan sejumlah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut .

” Untuk membuktikan dugaan ketelibatan adanya oknum pengendalian Akun SIPLAH di SMA Negeri dan SMK Negeri maka kita minta Kajatisu Dr Amir Yanto memeriksa oknum pejabat di Dinas Pendidikan Sumut yang berkaitan dengan persoalan Dana Bos Kinerja dan Bos Afirmasi,” kata Ketua LSM Kommpas Sumut Aji Lingga kepada orbitdigitaldaily.com, Minggu (2/8/2020).

Baca juga : Manager Dana Bos Alfian Hutauruk Diduga Mainkan Akun SIPlah SMA-SMK di Sumut

Aji menegaskan Akun SIPLAH merupakan kewenangan dari pihak sekolah karena itu berkaitan dengan Data Dapodik. Kalau Akun SIPLAH itu beredar kemana-mana maka dikhawatirkan akan merusak data Dapodik sekolah tersebut.

Foto Sosilasia soal Dana Bos Afirmas di SMA Negeri 2 Lintongnihuta Humbahas

” Data yang kita terima bahwa untuk Sumut alokasi Angaran untuk Dana Bos Afirmasi Tahun 2020 sekitar Rp169 Miliarlebih untuk jenjang, SD, SMP SMA dan SMK. artinya ada indikasi permainan anggaran disitu khusunya dalam penentuan siapa yang akan jadi pelaksana pengadaan barang untuk sekolah yang mendapatkan Dana Bos Afirmasi tersebut,” kata Aji.

Sementara itu informasi yang diperoleh oknum Manajer Bos Dinas Pendidikan Sumut Alfian Hutauruk dan Koordinator Dana Bos Rudi sudah turun ke sejumlah daerah untuk melakukan sosialisasi soal Dana Bos Afirmasi tersebut.

Alfian menggandeng Kacabdis agar mengumpulkan kepala kepala sekolah penerima Dana Bos Afirmasi dan Kinerja tingkat SMA dan SMK diberikan sosialisasi pelaksanaan Dana Bos Afirmasi tersebut.cr-03