Kampus AIT Thailand Gandeng USU Kembangkan Data Science dan Artificial Intelligence

Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi teken kerjasama MoU dengan Presiden AIT, Prof Kazuno Yamamoto di Thailand, Senin (3/10/2022). Foto/Ist

MEDAN | Kampus Asian Institute of Technology (AIT) di Thailand menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) untuk mengembangkan Data Science dan Artificial Intelligence.

Presiden AIT, Prof. Kazuno Yamamoto yang menerima kunjungan USU di Thailand begitu antusias untuk melakukan kerja sama di dua bidang tersebut sebab menurutnya perkembangan ilmu Data Science dan Artificial Intelligence saat ini sangat berkembang dan kian dibutuhkan.

“Kerja sama ini merupakan hal yang membahagiakan bagi kami dan kami berharap agar segera dilaksanakan dan bahkan dapat mencakup area yang lebih luas. Terlebih, kami berharap bidang Data Science dan Artificial Intelligence dapat menjadi salah satu fokus kita dalam kerja sama ini,” sebutnya.

Baca Juga: Hadiri Pengurus PW IKA USU, Gubsu Berharap Kontribusi Alumni Semakin Besar untuk Sumut

Universitas Sumatera Utara (USU) sendiri menyahuti kerja sama itu dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Asian Institute of Technology (AIT) di Thailand pada Senin, (3/10/2022) sebagai bentuk kolaborasi internasional.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademis mahasiswa dan tenaga pengajar kedua universitas sekaligus juga merupakan program utama USU dalam rangka internasionalisasi kampus.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, S.Sos, MSi dalam sambutannya menyampaikan jika pertemuan ini sebagai tindaklanjut atas komunikasi yang sebelumnya telah dilakukan. Ia menyampaikan jika USU dan Asian Institute of Technology (AIT) memiliki visi yang sama dalam pembangunan suasana akademik yang lebih baik.

“Sharing informasi di dalam rapat ini semoga mampu mempertemukan pemikiran-pemikiran yang baik dan progresif, untuk mendorong kolaborasi aktif dan implementasi berkelanjutan,” sebut Rektor USU.

Baca Juga: USU Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Rektor mengatakan jika kerja sama ini akan diwujudkan dalam beberapa program yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan short course, workshop, kuliah umum, dan kegiatan lain yang menjadi wadah mahasiswa dan tenaga pengajar berinteraksi dan berinovasi bersama.

Program pendukung kerja sama ini juga dirancang dalam rencana program pertukaran pelajar, program ilmiah internasional dan kuliah tamu antaruniversitas. Secara rinci program tersebut akan direncanakan dalam kegiatan Summer Course International.

“Hal tersebut juga dimungkinkan melalui program pertukaran pelajar, program ilmiah internasional maupun kuliah tamu antaruniversitas. Kita membuka ruang untuk berkolaborasi lebih jauh dalam Summer Course International dan keterlibatan serta layanan dalam komunitas internasional, baik di Pathum Thani maupun Sumatera Utara,” harap rektor.

Hadir mewakili USU terdiri dari Wakil Rektor III USU Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan S.Si., M.Si., Apt, Direktur Digitalisasi dan Integrasi Sistem, Emerson Pascawira Sinulingga ST., M.Sc. Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU Dr. Maya Silvi Lydia, serta didampingi oleh Atase Pendidikan Indonesia untuk Thailand Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. Sementara itu Asian Institute of Technology (AIT) Thailand juga diwakili oleh Dekan School of Engineering and Technology (SET) AIT Prof Dieter Trau dan Mr. Shawn P. Kelly as Director for Office of International Affairs (OIA) AIT. (Red)