Aceh  

Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Gelar Pasar Tani

LANGSA | Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Langsa Ali Musafah SE membuka kegiatan Pasar Tani Aceh tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, di Lapangan Belakang Jalan Darussalam Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota Langsa, Selasa (4/10/2022).

Dalam sambutannya, Ali Mustafa menucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Kota Langsa sebagai tujuan perdana kegiatan Road Show Pasar Tani Aceh Tahun 2022.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani dan UMKM di wilayah Kota Langsa yang telah ikut berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan Pasar Tani Aceh Tahun 2022 Road Show Kota Langsa ini,” katanya.

Dikatakannya, bahwa pandemi secara nasional terus bergantian dimulai dari pandemi covid-19 dan secara berangsur-angsur mulai membaik dan saat ini harus diwaspadai virus Penyakit Mulut & Kuku (PMK).

Saat ini, sambungnya, secara nasional telah mengalami insflasi, tidak seimbangnya nilai jual dengan daya beli masyarakat. Hal tersebut terjadi dikarenakan daya beli tinggi namun barang tidak tersedia atau barang tersedia namun masyarakat tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli.

Oleh karena itu, Pemko Langsa sangat mendukung kegiatan Pasar Tani yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh bekerja sama dengan Dinas Pangan Pertanian Kelautan & Perikanan Kota Langsa, sehingga masyarakat dapat membeli atau memperoleh bahan kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

“Saya menyampaikan kepada Dinas Pangan, Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Langsa agar dapat dilakukan pembinaan kepada Kelompok Tani Perikanan & UMKM yang ada di Kota Langsa. Agar mereka lebih maju dan berkembang dalam menjalankan usahanya,” kata Ali Mustafa.

Pengendalian Insflasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir Cut Huzaimah, M.P mengatakan bahwa pasar tani telah berlangsung beberapa tahun di Provinsi Aceh dan menjadi suatu yang sangat favorit khususnya bagi kaum ibu karena pasar tani mempertamukan antara produsen dan konsumen.

“Saya ingin menyampaikan bahwa pasar tani telah berlangsung beberapa tahun di Provinsi Aceh dan menjadi suatu yang sangat favorit khusus ny bagi kaum ibu-ibu karena pasar tani mempertamukan antara produsen dan konsumen,” sebut Cut Huzaimah.

Pasar Tani juga memperkenalkan atau mempromosikan UMKM dan petani-petani yang tidak memiliki pasar yang tetap kita ajak kemari dan kita sediakan fasilitas untuk bertransaksi dan untuk lebih di kenal oleh masyarakat.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Langsa sebagai daerah penyumbang insflasi terutama untuk Provinsi Aceh.

“Sehingga kita mencoba memberikan salah satu wadah untuk pengendalian insflasi di Aceh, diharapkan secara perlahan insflasi akan terus menurun dan berada di bawah angka 5 (lima) seperti yang diharapkan oleh Presiden,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Reporter : Rusdi Hanafiah