Aceh  

KAPAS akan Adakan Promosi UMKM Produk Lokal Aceh Selatan

ACEH SELATAN | Komunitas Pemuda Seniman Kabupaten Aceh Selatan (KAPAS) dalam waktu dekat di bulan Februari 2024 akan menggelar promosi Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM lokal yang menebar puluhan stand.

Demikian ungkap Pembina Lemka Foundation Aminullah SH kepada awak media Orbitdigitaldaily.com Senin (29/01/2024).

Acara pergelaran pemuda seniman Aceh Selatan KIPAS bertempat di Alun Alun Kota Naga Tapaktuan 2-3 Februari 2024

Promosi UMKM ini merupakan salah satu untuk mempromosikan hasil hasil produk lokal yang dapat menambah perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.tuturnya.

Sebelumnya pergelaran Event Saban Sabe Sajan Fest 2023 yang sudah di gelar di Kota Banda Aceh, Lhokseumawe dan Meulaboh.

Lentera Muda Karya (Lemka) Foundation berkolaborasi dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan menggelar event lanjutan Saban Sabe Sajan Fest pada 2-3 Februari 2024, di Alun Alun Kota Naga, Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Pada kesempatan kali ini Saban Sabe Sajan Fest akan menghadirkan puluhan UMKM yang beragam sektor mulai Food & Baverage, Clothing, Craft serta Lifestyle, selain itu juga hadir stand sponsor dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

Tujuan dari penyelenggaraan event tersebut adalah untuk mendorong kehadiran BSI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menjalin kemitraan dengan UMKM. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat mempromosikan produknya melalui event ini guna menunjang perkembangan produk-produknya.

Sama seperti sebelumnya, event tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, di antaranya Expo UMKM lokal, Talkshow Inspiratif, Demo Produk UMKM, lomba foto produk UMKM, serta senam kebugaran.

Pembina Lemka Foundation Aminullah, S.H. menilai, hadirnya event Saban Sabe Sajan Fest merupakan wujud kepedulian BSI terhadap perkembangan UMKM di Aceh khususnya di Tapak Tuan, dengan memfasilitasi puluhan tenant untuk mendisplay produknya secara gratis.

Event ini juga akan menghadirkan penampilan spesial dari Rafly Kande yang merupakan seniman sekaligus Anggota DPR-RI Komisi-VI Fraksi-PKS asal Aceh dan Aloel Keubitbit.

Juga turut disemarakkan beberapa talent lokal lainnya seperti Sanggar Guliran Naga, Sanggar Puspa Citra Putro Naga, Lungkee, Dival Sahc dan Mahatuan Punca.

“Ada juga Pameran beberapa komunitas anak muda kreatif di Tapak Tuan. Event ini terbuka untuk masyarakat umum.

Harapannya semoga bermanfaat dan mampu menjadi sarana hiburan yang edukatif dan kebangkitan bagi UMKM di Aceh khususnya di Tapak Tuan.” pungkas Rizky Mifthaqul Pratama selaku Ketua Umum Lemka Foundation.

Reporter : YUNARDI.M.IS